Banner CMS Joomla

Mengaktifkan Smart Search Di Joomla 2.5

Joomla 2.5 hadir disertai dengan beberapa fitur baru, salah satu diantaranya adalah smart search yaitu fungsi pencarian yang dilengkapi dengan auto-completion dan kemampuan pencarian yang menggunakan akar kata yang diketikkan untuk mencari kecocokan. Berbeda dengan Joomla versi sebelumnya yang menggunakan fungsi search standar, smart search jauh lebih baik dalam hal pencarian meskipun menggunakan bahasa selain bahasa Inggris. Smart search jauh lebih cepat dan serba guna dibandingkan dengan search standar.

Untuk menggunakan smart search, data terlebih dahulu harus diindeks agar pencarian menggunakan smart search menjadi jauh lebih cepat. Joomla 2.5 juga menyertakan ekstensi berupa plugin (Content - Smart Search) untuk mendukung fitur smart search dan harus diaktifkan (enabled). Secara default, fitur smart search tidak diaktifkan di Joomla 2.5. Apabila Anda berkeinginan untuk menggunakan fitur ini di website Joomla, berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur smart search:

Mengaktifkan Smart Search di Joomla

Masuk terlebih dahulu ke area administrator (backend) Joomla. Klik menu Extensions > Plug-in Manager. Pastikan bahwa plugin Content - Smart Search telah diaktifkan, apabila belum, klik sekali lingkarang warna merah yang ada di kolom Status untuk mengaktifkan (enable).

Mengaktifkan Smart Search di Joomla

Klik menu Components > Smart Search. Di deretan tombol di sebelah kanan atas, klik tombol Index untuk mulai mengindeks semua konten yang ada di website.

Mengaktifkan Smart Search di Joomla

Tunggu sampai proses mengindeks selesai. Proses ini tergantung dari banyaknya konten yang ada di website Anda, semakin banyak kontennya, proses mengindeks akan semakin lama.

Mengaktifkan Smart Search di Joomla

Setelah proses mengindeks selesai, Anda dapat memperhatikan konten website yang telah diindeks.

Mengaktifkan Smart Search di Joomla

Klik menu Extensions > Module Manager dan kemudian klik tombol New dari area module manager. Dari jendela yang terbuka pilih dan klik Smart Search Module untuk membuat modul baru dari Smart Search Module.

Mengaktifkan Smart Search di Joomla

Isi kotak title, tentukan posisi di mana kotak smart search ditampilkan, atur juga module assignment yang ada di area bawah dan kemudian tekan tombol Save & Close apabila sudah yakin dengan pengaturan yang dilakukan.

Mengaktifkan Smart Search di Joomla

Kotak smart search ditampilkan di sebelah kanan atas di area header website Joomla sesuai posisi modul (module posisition) di template yang telah ditentukan sebelumnya.

Mengaktifkan Smart Search di Joomla

Anda dapat mencoba mengetikkan beberapa huruf di kontak tersebut, maka akan ditampilkan beberapa penyelesaian otomatis dalam bentuk drop-down list.

Mengaktifkan Smart Search di Joomla

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.