Ketika Anda memiliki lebih dari satu postingan dengan tema sama, akan lebih baik apabila postingan dengan tema sama tersebut dikelompokkan sendiri. Apabila ada lebih dari satu postingan lain dengan tema sama dan berbeda dengan tema sebelumnya, postingan-postingan tersebut juga dapat dikelompokkan tersendiri. Pengelompokkan postingan dapat mempermudah pengunjung blog atau website Wordpress mendapatkan postingan dengan tema sama. CMS Wordpress memberikan kemudahan kepada Anda untuk mengelompokkan postingan berdasarkan tema salah satunya dengan membuat kategori (category).

Pengorganisasian postingan dengan kategori akan bermanfaat ketika ada banyak sekali postingan di blog atau website Wordpress. Pengunjung blog atau situs Wordpress dapat memanfaatkan kategori sebagai link untuk menampilkan postingan dengan tema sama sehingga dapat lebih mendalami dan fokus pada satu tema. Kategori di Wordpress dapat dibuat secara hirarki, artinya Anda membuat kategori yang di dalamnya terdapat kategori-kategori yang lain. Kategori yang berada di posisi atas disebut dengan parent category dan kategori-kategori di posisi bawah disebut dengan sub-category. Ada beberapa cara untuk membuat kategori di Wordpress yaitu melalui area Add New Post dan area Categories. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat parent category dan sub-category melalui area Categories di Wordpress:

Membuat parent category.

Untuk mulai membuat parent categoy dan sub-category, masuk terlebih dahulu ke area administrasi Wordpress (Dashboard), klik menu Posts > Categories.

Membuat parent category dan sub-category di Wordpress

Masukkan nama parent category yang akan dibuat di kotak teks berlabel Nama. Untuk kotak teks Slug, dapat dibiarkan kosong, mengisinya dengan nama parent category atau dengan nama yang lain, misalnya "bahasa pemrograman". Karena ini adalah parent category, pilih None dari kotak pilihan daftar drop-down berlabel Parent. Di kotak teks berlabel Description, isi dengan deskripsi singkat tentang parent categori yang dibuat atau meninggalkannya kosong dan selanjutya klik tombol Add New Category.

Membuat parent category dan sub-category di Wordpress

Parent category yang Anda buat akan ditampilkan pada tabel di area sebelah kanan.

Membuat parent category dan sub-category di Wordpress

Membuat sub-category.

Apabila Anda telah selesai membuat parent category, Anda dapat langsung membuat sub-category. Apabila Anda sudah terlanjur keluar dari Dashboard Wordpress, Anda perlu masuk kembali ke area dashboard, klik menu Posts > Categories.

Membuat parent category dan sub-category di Wordpress

Membuat sub-category tidak jauh berbeda dengan saat membuat parent category kecuali satu hal bahwa Anda harus menentukan parent category dari kotak daftar drop-down berlabel Parent (untuk contoh ini, Java  menjadi sub-category dari parent category Pemrograman).

Membuat parent category dan sub-category di Wordpress

Hasil tampilan sub-category yang dibuat dapat dilihat pada tabel yang ada di area sebelah kanan. Java merupakan sub-category dari parent category Pemrograman dengan tanda strip di depannya.

Membuat parent category dan sub-category di Wordpress