Banner Microsoft Office Excel

Menggunakan Fungsi MID() Di Excel

Fungsi (function) MID di Microsoft Office Excel digunakan untuk menghasilkan substring dari string atau text (teks) yang disediakan. Fungsi MID akan mengembalikan (return) sejumlah karakter dimulai dari posisi karakter yang ditentukan oleh argumen num_start ke kanan sampai dengan sejumlah karakter yang ditentukan oleh argumen num_chars. Berikut ini adalah sintak penulisan fungsi MID:

   =MID(text, num_start, num_chars)

Fungsi MID memerlukan tiga buah argumen. text adalah teks atau string yang disediakan (original text), num_start menetapkan posisi awal karakter yang dikembalikan oleh fungsi, dan num_chars menetapkan jumlah karakter yang dikembalikan oleh fungsi dimulai dari num_start. Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi MID di Microsoft Office Excel.

Penerapan fungsi MID.

Hasil fungsi MID.

Fungsi MID berlaku untuk Excel 2000, Excel XP, Excel 2003, Excel 2007, Excel 2010 dan Excel 2013.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.