Banner Microsoft Office Excel

Menyembunyikan Fungsi Atau Formula Dari Formula Bar Excel

Apakah Anda sering menggunakan program aplikasi Microsoft Office Excel untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor terkait dengan pengolahan data? Microsoft Office Excel merupakan program aplikasi yang sangat tangguh untuk mengolah data, terutama angka dan tetap menjadi pilihan sampai saat ini. Anda dapat memanfaatkan fungsi (function), formula, makro (Excel macro), dan juga sintaksis (syntax) bahasa Microsoft Visual Basic for Application (VBA) untuk keperluan tersebut. Dengan fitur-fitur di atas, Anda dapat mengolah data, bahkan sampai yang paling rumit sekalipun.

Terkait dengan fungsi dan formula, secara default, fungsi atau formula yang digunakan untuk mengolah data akan ditampilkan di formula bar ketika sel (cell) yang berisi fungsi atau formula tersebut aktif. Orang lain yang mempunyai akse ke komputer Anda atau yang menyalin lembar kerja Anda, dapat dengan mudah melihat dan mempelajari fungsi dan formula yang diterapkan untuk pengolahan data tersebut. Apabila ini bukan hal yang inginkan, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan fungsi atau formula tersebut dan memproteksi dengan password agar tidak terlihat di formula bar. 

Anda dapat memperhatikan terlebih dahulu fungsi (function) atau formula yang terkandung di sel (cell) Microsoft Office Excel, ditampilkan di formula bar.

Untuk mulai menyembunyikan fungsi atau formula agar tidak terlihat di formula bar, hilangkan proteksi pada pada lembar kerja Excel Anda terlebih dahulu dengan menyorot semula sel (cells), klik kanan mouse untuk menampilkan shortcut menus dan kemudian pilih Format Cells...

Dari jendela Format Cells yang muncul, hilangkan tanda centang di kotak check berlabel Locked dan Hidden dan kemudian tekan tombol OK.

Sorot sel (cell) atau range lembar kerja Microsoft Office Excel yang mengandung fungsi atau formula.

Klik kanan mouse di area yang telah disorot untuk menampilkan shortcut menus kembali dan kemudian pilih Format Cells...

Dari jendela Format Cell yang muncul, beri tanda centang di kota check berlabel Hidden dan kemudian tekan tombol OK.

Klik tab Review > Protect Sheet.

Dari jendela Protect Sheet yang muncul, beri tanda centang di kotak check berlabel Select locked cells dan Select unlocked cells (Pengisian password adalah opsional. Anda dapat menambahkan password untuk lebih memperkuat proteksi pada fungsi atau formula yang diterapkan di lembar kerja) dan kemudian klik tombol OK untuk mengakhiri.

Sekarang fungsi atau formula yang terkandung di sel (cell) lembar kerja Microsoft Office Excel sudah tidak ditampilkan lagi di formula bar.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.