Bagi pengguna Microsoft Office Excel, Anda tentu tidak akan asing lagi dengan formula bar. Ketika Anda melakukan input data, menuliskan formula atau menerapkan fungsi (function) di setiap sel dari lembar keja Microsoft Office Excel. Data, formula atau fungsi yang terdapat di sel (cell) yang aktif akan ditampilkan juga di formula bar. Ketika sel-sel (cells) menampilkan hasil dari formula atau fungsi, formula bar justru menampilkan formula atau fungsi dari sel aktif. Formula bar mempunyai peran penting di Microsoft Office Excel. Anda dapat menggunakan formula bar sebagai tempat untuk merubah (edit) data, formula dan juga fungsi daripada melakukan perubahan langsung di sel.

Bagi sebagian orang, saat sedang bekerja, formula bar akan dihilangkan agar formula atau fungsi yang diterapkan tidak diketahui orang lain. Bagi sebagian orang pula, terkadang juga dibutuhkan lembar kerja (workspace) Microsoft Excel yang lebih luas sehingga formula bar perlu tidak ditampilkal. Untuk kedua maksud tersebut, Anda dapat menyembunyikan formula bar dari lembar kerja Microsoft Office Excel.

Anda dapat memperhatikan gambar di atas dimana fungsi untuk menentukan kelulusan ditampilkan di formula bar. Di Microsoft Office Excel, Anda dapat menggunakan dua cara untuk menyembunyikan formula bar tersebut.

Melalui Jendela Excel Options.

Klik menu File > Options.

Dari jendela Excel Options yang muncul, klik tab Advanced. Pastikan Anda berada di bagian Display, hilangkan tanda centang di kotak check berlabel Show formula bar dan kemudian tekan tombol OK.

Melalui tab View.

Klik tab View, pastikan Anda berada di bagian Show dan hilangkan tanda centang di kotak check berlabel Formula Bar.

Kedua cara di atas akan menyembunyikan formula bar sebagaimana gambar di bawah ini.