Merubah jenis font (huruf) di header Excel

Pernahkah Anda melihat lembar kerja (worksheet) Microsoft Office Excel yang sedikit berbeda terutama di bagian font header (column and row header)? Dalam benak Anda mungkin akan bertanya bagaimana cara merubah font default dari header menjadi font tertentu yang Anda sukai. Seperti yang Anda dapat lihat, font default untuk header dalam contoh ini adalah Calibri (Body). Anda dapat menggantinya ke jenis font lain yang disukai misalnya Jokerman. Ketika Anda mulai mengetikkan angka atau huruf ke dalam sel (cell) lembar kerja Excel, jenis font yang dipilih akan berlaku. Tetapi ini bukan masalah, Anda dapat mengganti jenis font di sel Excel dengan menggunakan cara standar. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk mengganti font default header dengan font lain:

Pastikan Anda berada di tab Home, di kelompok styles, klik tombol Cell Styles. Klik kanan mouse di bagian normal (setting default yang saat ini berlaku) untuk menampilkan shortcut menu dan kemudian pilih (klik) submenu Modify...

Merubah jenis font (huruf) di header Excel

Dari jendela (kotak dialok) Style yang muncul, klik tombol berlabel Format...

Merubah jenis font (huruf) di header Excel

Dari jendela Format Cells yang muncul, pilih jenis font misalnya Jokerman (Anda juga dapat memberlakukan perubahan tambahan lain) dan kemudian tekan tombol OK. Apabila masih ada jendela lain yang terbuka, tekan tombol OK sekali lagi untuk mengakhiri.

Merubah jenis font (huruf) di header Excel

Tampilan font di header lembar kerja Microsoft Office Excel (column and row header) akan berubah sesuai dengan jenis font yang Anda pilih.

Merubah jenis font (huruf) di header Excel