Microsoft Office Excel merupakan salah satu program aplikasi yang memang keberadaannya dikhususkan untuk mengolah data (terutama angka). Anda dapat menggunakan formula maupun fungsi (build-in functions) untuk mengolah data tersebut. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan Excel, melakukan kalkulasi (pengolahan angka) bukan hal yang sulit. Anda dapat menggunakan lembar kerja Excel untuk melakukan perhitungan sampai pada yang paling rumit sekalipun dengan memanfaatkan formula dan fungsi Excel, tergantung sampai di mana penguasaan pada program aplikasi ini.

Apakah ini berarti Anda akan lepas dari menggunakan kalkulator? Dalam beberapa situasi, kalkulator masih diperlukan. Anda terkadang masih perlu memeriksa dan memastikan bahwa hasil dari formula atau fungsi yang diterapkan adalah benar. Bagi yang belum menguasai formula dan fungsi Excel, kalkulator masih diperlukan untuk perhitungan manual. Meletakkan ikon kalkulator (program kalkulator bawaan Windows) di dekstop mungkin adalah cara yang kurang efisien. Ketika sedang bekerja dengan lembar kerja Excel, Anda perlu mengecilkan (minimize) jendela kerja terlebih dahulu untuk beralih menjalankan kalkulator. Cara yang lebih efisien adalah dengan menambahkan ikon kalkulator di quick access toolbar Excel. Anda dapat menjalankan dan menutup program kalkulator dengan mudah tanpa perlu mengecilkan jendela Excel terlebih dahulu.

Anda dapat memperhatikan bahwa ikon kalkulator Windows (deretan ikon paling atas) belum ditambahkan.

Klik tombol Customize Quick Access Toolbar dan kemudian klik (pilih) More Commands...

Dari jendela Excel Options yang muncul, pilih All Commands dari kotak pilihan drop-down berlabel Choose cammands from. Geser scroll bar ke atas atau ke bawah untuk menemukan Calculator, klik tombol Add>> (Calculator akan dipindahkan di kotak sebelah kanan) dan kemudian tekan tombol OK untuk mengakhiri.

Anda dapat memperhatikan bahwa ikon kalkulator sekarang sudah ditambahkan di quick access toolbar Microsoft Excel. Anda dapat menjalankan program kalkulator Windows dengan mengklik ikon tersebut tanpa harus mengecilkan jendela kerja Excel.