Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah data yang sangat populer untuk komputer desktop. Excel mempunyai fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang lengkap dan bisa diandalkan. Meskipun sudah banyak alternatif aplikasi lain, Microsoft Excel tetap menjadi aplikasi spreadsheet yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Banyak kompetitor aplikasi ini telah bermunculan seperti OpenOffice Calc, LibreOffice Calc, Google Sheet dan lain sebaginya. Namun menggeser dominasi Microsoft Excel untuk beralih ke aplikasi lain nampaknya sangat sulit.

Fitur yang sangat lengkap dan antar muka program aplikasinya (user interface) sudah sangat dikenal oleh para penggunanya. Dalam pembuatan tabel data, Anda dapat memaksimalkan Excel untuk menghasilkan tampilan tabel yang lebih visual. Namun kehebatan Microsoft Excel tidak semata terletak pada sisi visual saja, tetapi juga pada kemampuan mengolah data menggunakan formula, fungsi (function), macro dan kode pemrograman Visual Basic for Application.

Pemformatan bersyarat: grafik batang data (data bars) di excel

Anda dapat menampilkan efek visual seperti grafik bilah data (data bars), skala warna (color scales) dan ikon (icon sets) di dalam sel-sel (cells) Microsoft Excel. Selain memberi kesan menarik pada tabel yang dibuat, efek visual juga mempermudah dalam membandingkan data-data yang ada di tabel tersebut. Berikut ini adalah cara menambahkan grafik bilah data di sel-sel Microsoft Excel untuk kemudahan dalam membandingkan data yang disertakan:

Jalankan program aplikasi Microsoft Office Excel, buka tabel Excel yang berisi data. Sorot semua data (hindari menyorot data yang tidak disertakan).

Pemformatan bersyarat: grafik batang data (data bars) di excel

Pastikan Anda berada di tab Home, di kelompok Styles, klik tombol Conditional Formating dan kemudian pilih New Rule...

Pemformatan bersyarat: grafik batang data (data bars) di excel

Di kotak dialok New Formatting Rule yang muncul, pilih Data Bar dari kota drop-down berlabel Format Style, Lowest Value dan Highest Value dari kotak drop-down berlabel Minimum dan Maximum (nilai terkecil tidak menampilkan grafik bilah data dan nilai yang lebih besar akan menampilkan grafik bilah data disesuaikan berdasarkan nilai terkecil), tampilan dan warna bilah data (atau pengaturan lain sesuai keinginan) dan klik tombol OK untuk mengakhiri.

Pemformatan bersyarat: grafik batang data (data bars) di excel

Dari hasil pemformatan di atas, Anda dapat memperhatikan sel-sel Excel yang sekarang menampilkan grafik bilah data beserta data itu sendiri. Anda sebenarnya juga mempunyai opsi untuk hanya menampilkan grafik bilah data tanpa disertai datanya.

Pemformatan bersyarat: grafik batang data (data bars) di excel