Pemformatan bersyarat: skala warna (color scale) di excelSebagaimana yang telah dijelaskan di artikel Pemformatan Bersyarat: Grafik Bilah Data (Data Bars) Di Excel, selain data itu sendiri, sel-sel di Microsoft Office Excel dapat juga menampilkan efek visual seperti grafik bilah data (data bars), skala warna (color scales) dan ikon (icon sets). Selain memberikan tampilan tabel yang lebih menarik, Anda juga dapat membandingkan data yang ada melalui efek visual yang dihasilkan. Ini menjadikan tabel yang Anda buat terkesan lebih baik dan profesional. Apabila di artikel tersebut telah dijelaskan langkah-langkah bagaimana menambahkan grafik batang data (data bars) di sel-sel Excel, di artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana menambahkan efek visual menggunakan skala warna (color scales).

Jalankan program aplikasi Microsoft Office Excel, buka tabel Excel yang berisi data penjualan. Sorot semua data penjualan (hindari menyorot data yang tidak disertakan, misalnya data total penjualan per bulan).

Pemformatan bersyarat: skala warna (color scale) di excel

Pastikan Anda berada di tab Home. Di kelompok Styles, klik tombol Conditional Formating dan kemudian pilih New Rule...

Pemformatan bersyarat: skala warna (color scale) di excel

Dari kotak dialok New Formating Rule, pilih, misalnya 3-Color Scale, dari kotak drop-down berlabel Format Style. Pilih Lowest Value, Percentile dan Highest Value berserta warnanya dari masing-masing kotak drop-down berlabel Minimum, Midpoint dan Maximum. Anda juga dapat menentukan parameter berbeda untuk menentukan format yang lain. Untuk mengakhiri aturan pemformatan dan menyimpannya, klik tombol OK.

Pemformatan bersyarat: skala warna (color scale) di excel

Dari hasil pemformatan di atas, Anda dapat memperhatikan sel-sel Excel yang sekarang menampilkan efek visual menggunakan skala warna.

Pemformatan bersyarat: skala warna (color scale) di excel