Pin It

Pernahkan Anda memanfaatkan Microsoft Office Excel untuk membantu pekerjaan, misalnya menghitung nilai rata-rata dari suatu data angka. Anda dapat mencari nilai rata-rata secara cepat dan otomatis dengan memanfaatkan fungsi AVERAGE(). Namun demikian, tampilan nilai yang dihasilkan terkadang tidak sesuai dengan keinginan. Anda mungkin akan menemukan jumlah digit (angka) di belakang tanda desimal (berupa titik) yang melebihi keinginan atau bahkan yang tidak Anda inginkan sama sekali. Keseluruhan nilai tersebut merupakan hasil otomatis dari memanfaatkan fungsi AVERAGE().

Apabila hal tersebut bukan yang diinginkan, Anda masih dapat memanfaatkan fungsi Microsoft Excel lain untuk mendapatkan tampilan nilai yang sesuai harapan. Fungsi yang digunakan untuk memformat (membulatkan) nilai ke sejumlah angka desimal tertentu di belakang tanda desimal adalah ROUND(). Dengan fungsi ini, Anda dapat menentukan sendiri jumlah angka di belakang tanda desimal atau bahkan menghilangkannya sama sekali. Berikut ini adalah sintaksis fungsi ROUND() di Microsoft Office Excel:

=ROUND(nilai, jumlah_angka)

nilai adalah parameter yang diperlukan dan merupakan nilai yang dibulatkan. jumlah_angka adalah parameter yang diperlukan dan merupakan banyaknya angka yang ditampilkan di belakang tanda desimal. Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi ROUND() di Microsoft Office Excel.

Buka file Microsoft Office Excel terkait dengan perhitungan nilai rata-rata.

Menggunakan fungsi ROUND() di Excel

Tempatkan kursor di sel (cell) P6 dan ketikkan =ROUND(O6, 2) untuk membulatkan nilai rata-rata yang ada di kolom O. Nilai rata-rata dibulatkan dengan hanya menampilkan 2 angka dibelakang tanda desimal. Anda dapat memperhatikan formula yang diketik di sel P6 juga ditampilkan di area fomula di atas label kolom.

Menggunakan fungsi ROUND() di Excel

Tekan tombol keyboard Enter untuk mendapatkan hasil pembulatan nilai rata-rata. Untuk menghitung pembulatan nilai rata-rata siswa lainya, cukup salin formula tersebut dengan menekan dan menarik handler (bujur sangkar kecil warna hitam yang terletak di bagian kanan bawah) dari sel P6 yang aktif sampai ke sel P13

Menggunakan fungsi ROUND() di Excel

Hasil pembulatan keseluruhan nilai rata-rata siswa ditampilkan di kolom P. Anda sebenarnya dapat membulatkan langsung hasil nilai rata-rata di kolom RATA-RATA tanpa perlu membuat kolom RATA-RATA dan ROUND secara terpisah. Anda dapat mempersingkat cara tersebut dengan menggabungkan fungsi ROUND() dan AVERAGE() menjadi satu dengan menuliskan rumus =ROUND(AVERAGE(C6:N6), 2) di sel O6.

Menggunakan fungsi ROUND() di Excel

Baca artikel terkait lainnya: