Banner Microsoft Office Excel

Menggunakan Fungsi ROUNDUP() Di Excel

Di artikel Menggunakan Fungsi ROUND() Di Excel, Anda dapat mempelajari fungsi ROUND() untuk membulatkan suatu nilai ke sejumlah angka desimal tertentu. Di artikel Menggunakan Fungsi ROUNDDOWN() Di Excel, Anda juga dapat mempelajari fungsi ROUNDDOWN() untuk membulatkan nilai ke bawah. Selain fungsi ROUND() dan ROUNDDOWN(), Excel juga memiliki beberapa fungsi lain yang hampir mirip yaitu fungsi ROUNDUP() untuk membulatkan suatu nilai ke atas (menjauhi 0). Berikut ini adalah sintaksis fungsi ROUNDUP():

=ROUNDUP(nilai, jumlah_angka)

Fungsi ROUNDUP() memiliki dua parameter. Parameter nilai diperlukan dan merupakan nilai yang akan dibulatkan ke atas. Parameter jumlah_angka diperlukan dan merupakan jumlah angka pembulatan yang ingin diterapkan pada nilai. Jika nilai jumlah_angka lebih besar dari 0, maka angka akan dibulatkan ke atas ke sejumlah tempat desimal yang ditetapkan. Jika nilai jumlah_angka adalah 0, maka angka dibulatkan ke atas ke nilai integer terdekat. Jika nilai jumlah_angka lebih kecil dari 0, maka angka dibulatkan ke atas ke sebelah kiri tanda desimal. Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi ROUNDUP():

Menggunakan fungsi ROUNDUP() di Excel

Berikut ini adalah hasil fungsi ROUNDUP dari tabel di atas.

Menggunakan fungsi ROUNDUP() di Excel

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.