Banner Microsoft Office Excel

Menggunakan Referensi Sel Absolut (Absolute Cell Reference)

Microsoft Office Excel menggunakan label kolom dan baris untuk mengacu ke sel (cell). Label untuk kolom adalah huruf (letter) dan label untuk baris adalah angka. Sebagai contoh, untuk mengacu ke sel pertama Excel, Anda cukup menuliskan A1. Excel mempunyai tiga tipe referensi sel (cell reference) yaitu referensi sel relatif (relative cell reference), referensi sel absolut (absolute cell reference) dan referensi sel campuran (mixed cell reference). Referensi sel sangat penting ketika Anda bekerja dengan fungsi (function) dan rumus (formula) Excel. Menggunakan tipe referensi sel yang tepat dapat memastikannya bekerja sesuai yang diharapkan ketika disalin (copy) ke lokasi lain.

Secara bawaan, Excel menggunakan referensi sel relatif. Ini adalah tipe referensi sel yang paling umum dan paling banyak digunakan. Ketika Anda menyalin rumus di sebuah sel, Excel akan menyesuaikan rumus tersebut sehingga referensi sel akan berubah tergantung dari lokasi rumus di sel baru. Hal ini sangat berbeda dengan referensi sel absolut dimana akan selalu mengacu ke sel yang sama meskipun rumus tersebut dipindahkan ke lokasi sel baru. Excel tidak akan meyesuaikan referensi sel absolut kemanapun rumus tersebut dipindahkan. Untuk membuat referensi sel absolut, digunakan tanda dolar ($) di depan label kolom dan baris dari sel yang diacu.

Berikut ini adalah penggunaan referensi sel absolut dalam menghitung volume balok. Sebagaimana yang sudah diketahui, volume sebuah balok dapat dihitung dengan mengalikan sisi panjang, sisi lebar dan sisi tinggi. Di contoh ini, tinggi balok menggunakan referensi sel absolut dan sisi panjang dan lebar menggunakan referensi sel relatif. Nilai tinggi setiap balok akan tetap sedangkan nilai panjang dan lebar akan bervariasi.

Buat tabel balok yang berisi data panjang, lebar dan tinggi balok sebagaimana gambar di bawah ini. Anda dapat memperhatikan Balok A sampai dengan Balok J menggunakan nilai tinggi yang sama yaitu 5 yang terletak di sel B3, sedangkan nilai untuk panjang dan lebar balok bervariasi.

Menggunakan referensi sel absolut (absolute cell reference) di Excel

Tempatkan kursor di sel (cell) E7 dan ketikkan rumus =C7*D7*$B$3. $B$3 merupakan referensi sel absolut. Semua volume balok dihitung menggunakan tinggi yang sama dengan mengacu ke sel B3 menggunakan referensi sel absolut. Ketika Anda menyalin rumus tersebut untuk diletakkan di sel E8 sampai dengan E16, referensi sel absolut tidak akan berubah.

Menggunakan referensi sel absolut (absolute cell reference) di Excel

Untuk menghitung volume balok lainya, cukup salin rumus tersebut dengan menekan dan menarik handler (bujur sangkar kecil warna hitam yang terletak di bagian kanan bawah) dari sel E7 yang aktif sampai ke sel E16. Klik di sel, misalnya E12 dan perhatikan rumus yang ditampilkan di area penulisan formula Excel. Referensi sel absolut ($B$3) tidak berubah sedangkan referensi sel relatif berubah.

Menggunakan referensi sel absolut (absolute cell reference) di Excel

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.