Ketika Anda menjalankan aplikasi Microsoft Excel, sebuah buku kerja (workbook) akan terbuka. Secara bawaan, Microsoft Excel 2016 menampilkan hanya satu lembar kerja (worksheet) untuk setiap workbook dalam bentuk tab sheet di bagian bawah area kerja Excel. Untuk menambahkan lembar kerja baru, Anda dapat mengklik tombol plus (+) yang ada disamping kanan tab sheet.

Alternatif lainnya adalah Anda dapat merubah pengaturan untuk menampilkan jumlah worksheet atau tab sheet sesuai keinginan. Meskipun Anda jarang menggunakan lebih dari dua worksheet, menggunakan banyak worksheet akan lebih praktis dan mudah bila dibandingkan bekerja dengan banyak workbook. Berikut ini adalah cara merubah jumlah worksheet dalam sebuah workbook Microsoft Excel:

Jalankan terlebih dulu Microsoft Excel dan perhatikan di bagian bawah area kerja Excel yang menampilkan sebuah worksheet (Sheet1) dalam bentuk tab. Anda dapat menambahkan worksheet baru, Anda dapat mengklik tombol plus (+) yang ada di samping kanan tab worksheet (2).

Merubah jumlah worksheet yang ditampilkan di workbook Excel

Untuk merubah jumlah tab worksheet yang akan ditampilkan setiap kali workbook baru dibuka, klik menu File yang ada di sudut kiri atas aplikasi Microsoft Excel, dari backstage Microsoft Excel yang muncul, pilih Options yang ada di posisi paling bawah.

Merubah jumlah worksheet yang ditampilkan di workbook Excel

Dari kotak dialog Excel Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab General (1), di bagian When creating new workbooks (2), tentukan jumlah sheet yang akan ditampilkan workbook melalui kotak spinner berlabel Include this many sheet (3), misalnya 4 dan kemudian klik tombol OK untuk mengakhiri (4).

Merubah jumlah worksheet yang ditampilkan di workbook Excel

Setiap kali Anda menjalankan aplikasi Microsoft Excel, jumlah worksheet yang ditampilkan di workbook akan berubah menjadi empat.

Merubah jumlah worksheet yang ditampilkan di workbook Excel