Banner Microsoft Office Excel

Menggunakan Fungsi CONCATENATE()

Microsoft Office Excel merupakan aplikasi pengolah data yang sangat tangguh.  Selain dapat mengeksekusi suatu formula yang sangat rumit, Microsoft Office Excel juga memiliki banyak sekali fungsi (function) yang dapat digunakan untuk mengolah berbagai tipe data untuk suatu keperluan. Salah satu fungsi yang dapat digunakan untuk memanipulasi string adalah CONCATENATE().

Fungsi CONCATENATE() digunakan untuk menggabungkan tiap-tiap string yang ada di tiap-tiap sel (cell) menjadi satu string panjang untuk diletakkan di sebuah sel lain. Fungsi CONCATENATE() mempunyai kemiripan dengan operator & (ampersand). Misalnya, ada dua buah string yang terletak di sel A1 dan B1. Menggabungkan string yang ada di kedua sel menggunakan fungsi CONCATENATE(), =CONCATENATE(A1, B1), sama dengan menggunakan operator & (ampersand), =A1&B1. Berikut ini adalah sintak dan contoh penggunaan fungsi CONCATENATE() di tabel Microsoft Office Excel.

Sintak fungsi CONCATENATE().

=CONCATENATE(teks1, teks2, teks3, ..., teksN)

teks1, teks2, teks3, ..., teksN adalah teks-teks yang akan digabung menjadi teks tunggal yang lebih panjang.

Contoh penggunaan fungsi CONCATENATE().

Buka atau buat baru file Microsoft Office Excel tentang warna dan kode warnanya.

Buat label baru Warna (Nilai Warna) di sel C1.

Aktifkan sel C3 dengan mengklik di sel tersebut. Pindahkan kursor dan klik sekali di area penulisan formula yang tepat berada di atas column header C. Tulis =CONCATENATE(A3, " ", "(", B3, ")") di area formula tersebut. Fungsi CONCATENATE() akan menggabungkan string di sel A3, spasi kosong (white space), kurung buka, string di sel B3, dan kurung tutup.

 

 Tekan tombol keyboard Enter. Anda dapat perhatikan hasil penggabungan string yang ada di sel C3. Untuk mencari nilai hasil penggabungan string di sel C4 sampai C11, cukup salin formula tersebut dengan menekan dan menarik handler dari sel C3 yang aktif (bujur sangkar kecil warna hitam yang terletak di bagian kanan bawah) sampai sel C11.

Setelah rumus selesai disalin sampai sel C11 lalu lepaskan. Sekarang perhatikan bahwa nilai hasil fungsi CONCATENATE() untuk sel C4 sampai C11 telah terlihat.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.