Banner Microsoft Office Excel

Menggunakan Fungsi AVERAGE()

Fungsi AVERAGE() di Microsoft Office Excel digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekelompok nilai. Misalnya, ada 12 mata pelajaran yang diujikan untuk kenaikan kelas sekolah dasar. Nilai rata-rata siswa adalah jumlah nilai mata pelajaran dibagi dengan jumlah mata pelajaran. Berikut ini adalah sintak dan contoh penggunaan fungsi AVERAGE().

Sintak fungsi AVERAGE().

AVERAGE(nilai1, nilai2, nilai3, ..., nilaiN)

nilai1 diperlukan (required). nilai2, nilai3, ... adalah opsional (dapat disertakan atau tidak). nilai1, nilia2, nilai3, ..., nilaiN dapat berupa nilai angka, nama, range, atau acuan sel (cell reference) yang berisi nilai angka.

Contoh penggunaan fungsi AVERAGE().

Buat tabel nilai ujian kenaikan kelas atau buka file serupa bila ada. 

klik sel O6 sekali, kemudian klik di area penulisan formula. Ketikan formula =AVERAGE(C6:N6) dan tekal tombol keyboard Enter.

Nilai rata-rata untuk siswa nomor 1 ditampilkan di sel O6. Untuk menghitung nilai rata siswa lainya, cukup salin formula tersebut dengan menekan dan menarik handler (bujur sangkar kecil warna hitam yang terletak di bagian kanan bawah) dari sel O6 yang aktif sampai ke sel O13.

Apabila proses penyalinan formula selesai, kemudian lepaskan. Nilai rata-rata untuk siswa yang lain ditampilkan.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.