Banner Microsoft Office Excel

Cara Mengulang Judul Kolom Agar Selalu Tercetak Di Setiap Halaman

Ketika Anda mencetak tabel Excel yang panjang (sampai beberapa halaman), secara standar, judul tabel atau judul kolom yang dibuat hanya akan tercetak di halaman pertama, sedangkan halaman berikutnya yang tercetak tidak disertai judul tabel atau judul kolom. Sebenarnya, judul kolom sangat penting karena terkait dengan data yang diwakilinya. Tabel yang tercetak tanpa diserta judul kolom akan mengaburkan arti data yang ada. Anda akan kesulitan mengetahui maksud data yang terdapat di masing-masing kolom tersebut. Microsoft Excel sebenarnya telah menyediakan fitur Print Titles untuk mengulangi mencetak judul tabel atau judul kolom atau keduanya di setiap halaman secara otomatis. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Buka file Excel, pastikan Anda berada di tab PAGE LAYOUT dan kemudian klik Print Titles.

Mengulang judul kolom agar selalu tercetak di setiap halaman

Dari kotak dialog Page Setup yang muncul, pastikan Anda berada di tab Sheet. Klik tombol Collapse Dialog yang ada di sebelah kanan kotak teks (text box) berlabel Rows to repeat at top untuk menyembunyikan sementara kotak dialog Page Setup dan menampilkan kotak dialog Page Setup - Rows to repeat at top.

Mengulang judul kolom agar selalu tercetak di setiap halaman

Untuk memilih sebuah baris yang terdapat judul kolom yang akan diulang, klik pada baris tersebut. Untuk memilih beberapa baris yang terdapat judul kolom yang akan diulang, klik pada baris pertama, tekan dan geser (click and drag) ke baris berikutnya. Baris yang dipilih akan dikelilingi garis putus-putus.

Mengulang judul kolom agar selalu tercetak di setiap halaman

Kotak dialog Page Setup - Rows to repeat at top akan berisi nilai secara otomatis tergantung dari baris yang dipilih. Klik kembali tombol Collapse Dialog untuk kembali ke kotak dialog Page Setup dan selanjutnya klik tombol OK untuk mengakhiri.

Mengulang judul kolom agar selalu tercetak di setiap halaman

Ini adalah print preview halaman pertama dimana judul tabel dan judul kolom akan tercetak di halaman ini.

Mengulang judul kolom agar selalu tercetak di setiap halaman

Ini adalah print preview halaman kedua dimana judul kolom yang telah diatur (setting) sebelumnya, akan tercetak di halaman ini dan juga halaman-halaman berikutnya.

Mengulang judul kolom agar selalu tercetak di setiap halaman

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.