Anda mungkin tidak menyadari bahwa warna gridline (garis vertikal dan horisontal yang membentuk sel) di Microsoft Excel dapat dirubah sesuai keinginan. Secara bawaan, Microsoft Excel menggunakan warna gridline abu-abu (grey). Untuk sebagaian orang, warna ini mungkin tidak nyaman untuk mata dan agak kurang jelas dilihat, bagi sebagian yang lain, mungkin juga merasa bosan dengan warna gridline yang standar-standar saja. Apabila Anda salah satunya dengan alasan tersebut atau alasan lain dan ingin merubah warna gridline di Microsoft Excel, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan aplikasi Microsoft Excel dan kemudian klik menu FILE.

Merubah warna gridline di Microsoft Excel

Untuk mengganti warna grid sesuai keinginan, pilih (klik) Options yang terletak paling bawah.

Merubah warna gridline di Microsoft Excel

Di kotak dialog Excel Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab Advanced. Cari bagian Display options for this worksheet, klik kotak drop-down berlabel Gridline color, pilih warna yang diinginkan dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol OK.

Merubah warna gridline di Microsoft Excel

Sekarang warna gridline telah berubah sesuai dengan warna yang telah dipilih. Perubahan warna gridline hanya berlaku untuk worksheet yang aktif, sedangkan worksheed lainnya masih menggunakan warna gridline standar.

Merubah warna gridline di Microsoft Excel