Fungsi OR() di Microsoft Excel

Fungsi OR() di Microsoft Excel digunakan untuk mengembalikan atau menghasilkan nilai TRUE apabila hasil evaluasi salah satu kondisi bernilai TRUE dan bila tidak ada hasil evaluasi kondisi yang bernilai TRUE, maka akan mengembalikan atau menghasilkan nilai FALSE. Fungsi OR() merupakan salah satu fungsi yang telah terdefinisi (built-in function) dan termasuk ke dalam kategori fungsi-fungsi logika (logical functions) Microsoft Excel. Mungkin saja dalam penerapannya, Anda akan mendapati salah satu kondisi yang bukan merupakan hasil evaluasi, melainkan adalah nilai numerik (angka). Jika Anda mendapati hal yang demikian, maka nilai 0 akan dianggap sebagai nilai FALSE dan nilai selain 0 akan dianggap sebagai nilai TRUE.

1. Sintaks fungsi OR().

Adapun sintaks fungsi OR() di Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

=OR(condition1, [condition2], ...)

condition1, condition2 dan seterusnya disebut dengan argumen atau parameter fungsi OR(). Argumen fungsi OR() ini adalah kondisi yang akan dievaluasi apakah bernilai TRUE atau FALSE. Argumen pertama (conditon1) diperlukan di fungsi OR(), sedangkan argumen berikutnya bersifat opsional artinya Anda bisa menyertakan dan bisa juga tidak. Evaluasi kondisi yang dimaksud adalah evaluasi dua nilai yang dihubungkan dengan operator logika. Di Microsoft Excel 2007 ke atas, batas jumlah argumen yang dapat disertakan di fungsi OR() sebanyak 255, sedangkan di Microsoft Excel 2003 hanya sebanyak 30 argumen.

Tabel operator logika yang digunakan di Microsoft Excel.

Tabel Operator Logika Di Microsoft Excel
Operator Arti
< Kurang dari
<= Kurang dari atau sama dengan
> Lebih besar dari
>= Lebih besar dari atau sama dengan
= Sama dengan
<> Tidak sama dengan

Berikut ini adalah contoh tabel kebenaran fungsi OR() di Microsoft Excel untuk tiga kondisi (condition) yang disediakan.

condition1 condition2 condition3 =OR(condition1, condition2, condition3)
FALSE FALSE FALSE FALSE
FALSE TRUE TRUE TRUE
TRUE FALSE FALSE TRUE
TRUE TRUE TRUE TRUE

2. Penerapan fungsi OR().

Berikut ini adalah contoh tabel dengan data nilai numerik (angka) dan juga penerapan fungsi OR() dengan berbagai variasi argumen.

Fungsi OR() Microsoft Excel

3. Hasil fungsi OR().

Di gambar berikut ini, Anda dapat melihat hasil penerapan fungsi OR() pada tabel data nilai numerik (angka).

Fungsi OR() Microsoft Excel

Fungsi OR() ini berlaku untuk Excel 2000, Excel XP, Excel 2003, Excel 2007, Excel 2010, Excel 2011 for Mac, Excel 2013 dan juga Excel 2016.