Menghitung Usia Seseorang Dengan Fungsi YEARFRAC()

Microsoft Office adalah salah satu Office Suite dari Microsoft Yang sangat terkenal dan paling dominan digunakan sampai saat ini. Salah satu aplikasi yang menjadi bagian dari Microsoft Office Suite adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel ini merupakan program spreedsheet yang dikhususkan untuk pengolahan data yang meliputi kalkulasi, tool membuat grafik, pivot table dan macro programming dan lain sebagainya.

Microsoft Excel juga memiliki fitur tangguh lainnya yaitu built-in function dan juga formula. Anda dapat menggunakan berbagai fungsi dan membuat formula atau kombinasi keduanya untuk memecahkan masalah yang dihadapi dengan bantuan Microsoft Excel. Fungsi-fungsi Microsoft Excel cukup lengkap seperti fungsi untuk string, tanggal dan waktu, trigonometri, statistik, logika, finasial, basis data, engineering dan lain sebagainya.

Kemampuan memanfaatkan fitur Excel secara tepat untuk menyelesaikan masalah sebenarnya juga tergantung dari pengetahuan Anda. Sangat mungkin satu masalah dapat dipecahkan menggunakan beberapa cara berbeda. Terkadang, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda tidak cukup menggunakan satu fungsi atau formula namun perlu mengkombinasikan dengan fungsi atau formula lainnya.

Contoh berikut ini adalah menghitung usia seseorang menggunakan salah satu fungsi Microsoft Excel yaitu fungsi YEARFRAC(). Fungsi YEARFRAC() akan mengembalikan bagian tahun (year fraction) yang diwaliki oleh jumlah keseluruhan hari antara dua tanggal yang telah ditentukan. Secara sederhana, fungsi YEARFRAC() ini akan mengembalikan jumlah tahun antara dua tanggal yang telah ditentukan.

1. Sintaks fungsi YEARFRAC().

Adapun sintaks fungsi YEARFRAC() di Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

=YEARFRAC()(start_date, end_date, [basis])

start_date dan end_date adalah argumen atau parameter fungsi YEARFRAC(). start_date dan end_date adalah argumen yang diperlukan di fungsi YEARFRAC(), sedangkan basis bersifat opsional, artinya Anda dapat menyertakan maupun tidak. start_date menunjukkan tanggal mulai, end_date menunjukkan tanggal selesai dan basis merupakan tipe basis yang digunakan untuk menghitung pecahan tahun.

2. Penerapan fungsi YEARFRAC().

Berikut ini adalah contoh tabel dimana salah satu kolom berisi tanggal lahir. Dari tanggal lahir ini, Anda dapat menggunakan fungsi YEARFRAC() untuk mengetahui usian seseorang saat ini. Anda dapat menggunakan fungsi TODAY() sebagai argumen end_date untuk menghasilkan tanggal saat ini. Usia seseorang dihitung dimulai dari tanggal lahir sampai tanggal saat ini.

Untuk menghitung usia seseorang berdasarkan data tabel Microsoft Excel menggunakan fungsi YEARFRAC(), posisikan kursor mouse di sel D2, kemudian ketikkan formula =YEARFRAC(C2, TODAY()) dan selanjutnya tekan tombol keyboard Enter. Salin formula tersebut untuk menghitung usia di sel D3 sampai D6.

Menghitung usia seseorang menggunakan fungsi YEARFRAC() di Microsoft Excell

3. Hasil fungsi YEARFRAC().

Penggunaan fungsi YEARFRAC() di atas akan menghasilkan angka desimal dengan beberapa angka di belakang tanda desimal koma. Tentu hasil menghitung usia seperti ini bukan yang Anda inginkan. Anda tentu tidak akan mengatakan bahwa usia Anda adalah 43,33435245. Anda dapat merapikan atau membulatkan hasil menghitung usia pada tabel di atas dengan bantuan fungsi INT().

Rubah formula di sel D2 dengan mengetikkan =INT(YEARFRAC(C2, TODAY())) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Salin formula tersebut untuk menghitung usia di sel D3 sampai D6. Anda sekarang dapat memperhatikan kembali hasil menghitung usia yang telah berubah ke nilai integer, yang tentunya ini adalah yang Anda harapkan.

Menghitung usia seseorang menggunakan fungsi YEARFRAC() di Microsoft Excell