Fungsi DATEDIF() di Microsoft Excel

Kemampuan memecahkan masalah menggunakan Microsoft Excel secara cepat dan tepat sebenarnya juga tergantung dari penguasaan Anda pada aplikasi ini. Sangat mungkin satu masalah dapat dipecahkan dengan menggunakan beberapa cara berbeda. Semakin Anda menguasai Microsoft Excel, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan masalah dengan beberapa cara berbeda. Terkadang, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda tidak cukup menggunakan satu fungsi atau formula, namun perlu juga mengkombinasikan dengan fungsi atau formula lainnya.

Di artikel Menghitung Usia Seseorang Menggunakan Fungsi YEARFRAC() Di Microsoft Excel, Anda dapat mempelajari cara menghitung usia seseorang menggunakan fungsi Microsoft Excel yaitu fungsi YEARFRAC(). Namun fungsi YEARFRAC() bukan satu-satunya fungsi atau cara di Microsoft Excel untuk menghitung usia seseorang. Ada beberapa cara berbeda lainnya untuk menghitung usia seseorang, misalnya menggunakan fungsi DATEDIF() Microsoft Excel atau menggunakan teknik pengurangan tanggal hari ini dengan tanggal lahir seseorang.

Cohtoh kali ini adalah cara menghitung usia seseorang menggunakan fungsi DATEDIF() Microsoft Excel. Fungsi DATEDIF() akan menghasilkan perbedaan antara dua tanggal dalam ukuran unit waktu yang berbeda seperti tahun, bulan atau hari tergantung dari argumen unit yang digunakan. Fungsi DATEDIF() merupakan salah satu fungsi yang telah terdefinisi (built-in function) dan termasuk ke dalam kategori fungsi-fungsi tanggal dan waktu di Microsoft Excel.

1. Sintaks fungsi DATEDIF().

Adapun sintaks fungsi DATEDIF() di Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

=DATEDIF(start_date, end_date, unit)

start_date, end_date dan unit adalah argumen atau parameter fungsi DATEDIF(). Ketiga argumen tersebut diperlukan di fungsi DATEDIF(). start_date menunjukkan tanggal mulai, end_date menunjukkan tanggal selesai dan unit merupakan ukuran unit waktu yang digunakan. Berikut ini adalah tabel ukuran unit waktu yang dapat digunakan sebagai nilai untuk argumen unit di fungsi DATEDIF() Microsoft Excel.

Unit Keterangan
Y Mengembalikan jumlah tahun antara start_date dan end_date.
M Mengembalikan jumlah bulan antara start_date dan end_date.
D Mengembalikan jumlah hari antara start_date dan end_date.
MD Selisih hari dalam strat_date dan end_date, bulan dan tahun dari kedua tanggal diabaikan.
YM Selisih bulan dalam strat_date dan end_date, hari dan tahun dari kedua tanggal diabaikan.
YD Selisih hari dalam strat_date dan end_date, tahun dari kedua tanggal diabaikan.

2. Penerapan fungsi DATEDIF().

Berikut ini adalah contoh tabel dimana salah satu kolom berisi tanggal lahir. Dari tanggal lahir ini, Anda dapat menggunakan fungsi DATEDIF() untuk mengetahui usia seseorang saat ini. Anda dapat menggunakan fungsi TODAY() sebagai argumen end_date untuk menghasilkan tanggal saat ini dan Y sebagai argumen unit untuk mengembalikan jumlah tahun. Usia seseorang dihitung dimulai dari tanggal lahir sampai tanggal saat ini.

Untuk menghitung usia seseorang berdasarkan data tabel Microsoft Excel menggunakan fungsi DATEDIF(), posisikan kursor mouse di sel D2, ketikkan formula =DATEDIF(C2, TODAY(), "Y") dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Salin formula tersebut untuk menghitung usia di sel D3 sampai D6. Tidak seperti menghitung usia seseorang menggunakan fungsi YEARFRAC(), penggunakan fungsi DATEDIF() tidak menghasilkan nilai desimal, sehingga tidak perlu dibulatkan dengan fungsi INT().

Fungsi DATEDIF() di Microsoft Excel