Rumus Excel menghitung usia seseorang

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin Anda sering mendapat pertanyaan sederhana "Berapa usia Anda saat ini?". Pertanyaan ini tentu dapat Anda jawab langsung tanpa perlu menghitung terlebih dahulu, terlebih lagi bila setiap tahun Anda merayakan hari kelahiran. Anda sudah tahu berapa usia Anda saat ini. Berbeda ketika Anda mendapat data pelamar kerja di perusahaan Anda dan ingin tahu usia untuk masing-masing pelamar.

Di Microsoft Excel, Anda dapat membuat formula dari yang sederhana sampai dengan yang sangat kompleks. Anda juga dapat memanfaatkan built-in function untuk membantu menyelesaikan masalah. Sangat mungkin satu masalah dapat diselesaikan dengan menggunakan beberapa cara yang berbeda. Semua tergatung dari kemampauan Anda dalam mencari pemecahan masalah dan juga penguasaan pada aplikasi Microsoft Excel.

Di artikel Menghitung Usia Seseorang Menggunakan Fungsi YEARFRAC() Di Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan kombinasi fungsi YEARFRAC(), TODAY() dan INT() untuk menghitung usia seseorang. Di artikel Menghitung Usia Seseorang Menggunakan Fungsi DATEDIF() Di Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan kombinasi fungsi DATEDIF() dan TODAY() untuk menghitung usia seseorang. Di artikel kali ini, Anda akan membuat formula cukup sederhana dan mudah dipahami untuk menghitung kembali usia seseorang.

Inti formula menghitung usia seseorang kali ini adalah mencari selisih jumlah hari antara dua tanggal yaitu tanggal saat ini yang dapat dihasilkan dari fungsi TODAY() dan tanggal lahir seseorang. Jumlah selisih hari dari dua tanggal tersebut kemudian dibagi dengan 365 yaitu jumlah hari dalam satu tahun untuk menghitung usia seseorang. Meskipun pada kenyataannya tahun kabisat yang muncul empat tahun sekali memiliki jumlah hari genap yaitu 366, namun penggunaan jumlah hari 365 lebih umum dan lebih akrap.

Berikut ini adalah rumus menghitung usia seseorang yang dapat Anda gunakan:

=(TODAY()-C2)/365

Kolom C dimulai dari baris ke-2 (C2) berisi data tanggal lahir perlamar kerja. Bila Anda memiliki tabel dengan tanggal lahir berada di kolom dan baris berbeda, Anda dapat menyesuaikannya. Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus menghitung usia seseorang pada tabel sederhana.

Rumus Excel sederhana untuk menghitung ussia seseorang

Penggunaan formula di atas akan menghasilkan angka desimal dengan beberapa angka di belakang tanda desimal koma. Anda dapat memperbaiki ini dengan memanfaatkan fungsi Microsoft Excel INT() untuk membulatkan angka desimal tersebut. Rubah formula di atas dengan mengganti formula sebagai berikut:

=INT((TODAY()-C2)/365)

Penggunaan fungsi INT() akan membulatkan hasil menghitung usia seseorang sesuai dengan yang diinginkan.

Rumus Excel sederhana untuk menghitung ussia seseorang