Beberapa cara merubah lebar kolom (column width) di Microsoft Excel

Sebagai pengguna aplikasi Microsoft Office, Anda tentu tidak asing dengan antarmuka (user interface) aplikasi Microsoft Excel. Ketika Microsoft Excel digunakan, Anda akan diberi buku kerja (workbook). Workbook ini berisi lembar kerja-lembar kerja yang disebut worksheets. Worksheets di Microsoft Excel tersusun atas baris dan kolom. Perpotongan antara baris dan kolom disebut dengan sel (cell). Di dalam sel-sel Microsoft Excel inilah data dimasukkan untuk kemudian diolah.

Data yang dimasukkan ke dalam sel-sel Microsoft Excel dapat berupa angka, teks, tanggal maupun waktu. Cenderung ketika Anda memasukkan teks yang cukup panjang atau jumlah angka yang cukup banyak, lebar kolom Microsoft Excel tidak akan mencukupi. Teks akan merentang dan melampaui batas kolom dan akhirnya mengambil tempat di sel sebelah kanannya. Jika Anda memasukkan data ke dalam sel sebelah kanan, maka teks sebelumnya akan dipotong. Berbeda dengan angka, jika jumlah angka pada sel melampaui lebar kolom, maka angka akan berubah menjadi simbol hash (######).

Secara standar di Microsoft Excel, Anda dapat merubah lebar kolom dari 0 sampai dengan 255, dimana satu unit sama dengan lebar satu karakter yang ditampilkan di sel Microsoft Excel dengan format font standar. Standar lebar kolom di Microsoft Excel adalah 8,43 karakter yang juga sama dengan 64 pixel. Jika lebar kolom adalah 0 (zero), maka kolom disembunyikan atau tidak ditampilkan.

Jika data di sel Microsoft Excel melampaui lebar kolom, maka Anda perlu memperlebar kolom tempat data tersebut berada. Hal ini dimaksudkan agar data tetap kelihatan secara utuh. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperlebar kolom di Microsoft Excel. Anda dapat menggunakan mouse, menentukan lebar dengan nilai tertentu atau menyesuaikan lebar kolom secara otomatis. Pilihan cara memperlebar kolom dapat disesuaikan dengan keperluan Anda sendiri.

1. Merubah lebar kolom dengan mouse.

Ketika menggunakan Microsoft Excel, Anda akan sering kali merubah lebar kolom. Anda mungkin akan melakukannya dengan cara yang paling umum yaitu menggunakan mouse. Cara ini sering digunakan untuk merubah lebar kolom satu per satu. Namun sebenarnya, Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk merubah lebar beberapa kolom atau keseluruhan kolom sekaligus. Untuk merubah lebar sebuah kolom di Microsoft Excel, drag (tekan, tahan dan seret) batas kanan heading kolom ke lebar yang diinginkan.

Cara merubah lebar kolom (column width) di Microsoft Excel

Untuk merubah lebar beberapa kolom sekaligus, seleksi terlebih dahulu heading dari kolom-kolom yang lebarnya akan dirubah atau tekan kombinasi tombol keyboard CTRL+A untuk menyeleksi keseluruhan heading kolom dan kemudian drag batas kanan dari salah satu heading kolom ke lebar yang diinginkan.

Cara merubah lebar kolom (column width) di Microsoft Excel

2. Merubah lebar kolom dengan nilai tertentu.

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya bahwa standar lebar kolom di Microsoft Excel mewakili jumlah karakter pada format font standar. Anda dapat menggunakan nilai tertentu dimulai dari 0 sampai dengan 255 untuk menentukan lebar kolom secara numerik. Berikut ini adalah cara merubah lebar kolom dengan nilai tertentu:

  • Seleksi satu atau lebih heading kolom yang lebar kolomnya akan dirubah. Untuk menyeleksi keseluruhan heading kolom, gunakan kombinasi tombol keyboard CTRL+A.
  • Pastikan Anda telah berada di tab Home, di kelompok Cells, klik Format (1) dan kemudian pilih Column Width (2).

    Cara merubah lebar kolom (column width) di Microsoft Excel

  • Di kotak dialog Column Width yang muncul, masukkan nilai angka yang diinginkan (1) dan kemudian klik tombol OK (2).

    Cara merubah lebar kolom (column width) di Microsoft Excel

3. Merubah lebar kolom secara otomatis.

Pengaturan lebar kolom ini secara otomatis akan menyesuaikan data seperti panjang teks atau jumlah angka yang berada pada kolom tersebut. Jika panjang teks atau jumlah angka pada setiap kolom berbeda-beda, maka lebar masing-masing kolom akan secara otomatis akan disesuaikan. Untuk menentukan lebar kolom secara otomatis, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Seleksi satu atau lebih heading kolom yang lebar kolomnya akan dirubah secara otomatis menyesuaikan data yang ada. Untuk menyeleksi keseluruhan heading kolom, gunakan kombinasi tombol keyboard CTRL+A.
  • Pastikan Anda telah berada di tab Home, di kelompok Cells, klik Format (1) dan kemudian pilih AutoFit Column Width (2).

    Cara merubah lebar kolom (column width) di Microsoft Excel