Menyalin hanya nilai saja tanpa formula di excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk megolah data dimana area kerjanya terdiri dari baris dan kolom. Perpotongan baris dan kolom ini membentuk sel-sel (cells) yang dapat diisi dengan data. Di sel ini pula Anda dapat memasukkan formula atau rumus untuk mengolah data yang ada. Sebagai gantinya, nilai hasil formula yang ditampilkan di sel dan formulanya sendiri disembunyikan. Untuk melihat formula yang digunakan, klik nilai tersebut dan Anda dapat melihat formula ditampilkan di formula bar

Standarnya, ketika Anda menyalin (copy) nilai yang ada di sel, maka formula yang berlaku untuk nilai tersebut akan ikut disalin. Ketika Anda meletakkan (paste) di sel berbeda, maka formula akan berubah menyesuaikan posisi sel baru berdasarkan pola formula sebelumnya. Dengan demikian, nilai formula di sel baru tentu saja akan berbeda dengan nilai formula di sel sebelumnya. Namun bagaimana seandainya Anda menginginkan sel tersebut menampilkan nilai yang sama dengan nilai dari formula sebelumnya?

Salah satu cara adalah hanya dengan menyalin nilai saja tanpa menyertakan formulanya. Dengan tidak menyertakan formulanya, nilai tersebut tidak berubah ketika diletakkan di sel manapun. Cara ini sangat berguna ketika Anda bermaksud menggunakan hanya nilai hasil dari formula. Meskipun Anda dapat melakukan entri langsung ke dalam sel sesuai nilai hasil formula, namun untuk entri nilai dalam jumlah banyak, cara ini jauh lebih praktis.

Microsoft Excel memberikan cara sederhana untuk maksud ini. Anda juga dapat memilih untuk menggunakan tombol di toolbar, melalui pintasan menu (menu shortcut) atau melalui pintasan keyboard (keyboard shortcut) untuk mempercepat hasil. Berikut ini adalah cara menyalin hanya nilai saja tanpa menyertakan formula (rumus) di Microsoft Excel:

Buat tabel sederha seperti contoh berikut ini. Anda juga bisa menggunakan tabel Anda sendiri yang berisi formula. Di contoh tabel ini, kolom B menampilkan formula. Anda bisa menampilkan formula, selain nilai dari formula tersebut, dengan cara klik tab Formulas dan di kelompok Formula Auditing, klik tombol Show Formulas.

Menyalin hanya nilai saja tanpa formula di Microsoft Excel

Seleksi semua formula yang ada di kolom B (sel B2 sampai dengan B10), pastikan Anda berada di tab Home, klik tombol Copy (1) dan kemudian pilih Copy (2).

Menyalin hanya nilai saja tanpa formula di Microsoft Excel

Klik di sel C2, masih di tab Home, klik tombol Paste (1) dan kemudian tombol Values (2) yang ada di kelompok Paste Values. Ketika pointer mouse berada di tombol Values ini, Nilai-nilai dari formula ditampilkan

Menyalin hanya nilai saja tanpa formula di Microsoft Excel

Sekarang kolom C telah berisi nilai hasil dari formula. Ketika Anda mengklik salah satu nilai di kolom C, formula bar juga akan menampilkan nilai yang sama. Ini artinya tidak ada formula yang disertakan di nilai tersebut.

Menyalin hanya nilai saja tanpa formula di Microsoft Excel