Menghapus hyperlink di Microsoft Excel

Hyperlink atau link (tautan) adalah teks atau obyek grafis seperti gambar, foto atau ikon yang ketika diklik akan mengarahkan ke tempat lain seperti laman web, bagian tertentu dari dokumen yang sama atau ke dokumen yang berbeda. Hyperlink umumnya banyak ditemukan di halaman sebuah web, namun di aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office dan sejenisnya juga dapat dijumpai hyperlink. Hal ini wajar karena aplikasi-aplikasi tersebut juga memiliki fitur hyperlink.

Microsoft Excel, salah satu aplikasi yang terdapat di Microsoft Office Suite, juga tidak menutup kemungkinan dapat dijumpai hyperlink, misalnya file Microsoft Excel yang diperoleh dari teman atau hasil dari mengunduh (download) di internet. Hyperlink yang disertakan bisa saja memiliki maksud dan tujuannya, misalnya mengacu ke sumber referensi yang lebih lengkap dan sebagainya.

Bila file Microsoft Excel yang Anda peroleh memiliki banyak hyperlink dan Anda sendiri tidak memerlukannya, Anda dapat menghapus hyperlink tersebut. Microsoft Excel memiliki fitur untuk menghapus hyperlink yang terdapat didalamnya. Ada dua opsi yang dapat dipakai yaitu menghapus hyperlink beserta formatnya atau hanya menghapus hyperlink saja namun tidak dengan formatnya. Manapun yang Anda akan pilih, berikut ini adalah cara menghapus hyperlink di Microsoft Excel:

Jalankan Microsoft Excel dan buka file yang berisi hyperlink. Selanjutnya sorot sel-sel (range) yang berisi hyperlink. Untuk mempermudah penyorotan sel yang berisi hyperlink, sorot mulai dari sel yang tidak berisi hiperlink. Anda juga dapat menyorot keseluruhan lembar kerja Microsoft Excel (worksheet) dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+A.

Menghapus hyperlink di Microsoft Excel

Untuk menghapus hyperlink beserta dengan formatnya, pastikan Anda berada di tab Home, di kelompok Editing, klik tombol Clear (1) dan kemudian pilih Remove Hyperlinks (2).

Menghapus hyperlink di Microsoft Excel

Untuk menghapus hyperlink saja namun tidak dengan formatnya, lakukan langkah yang sama dengan mengklik tombol Clear (1) dan kemudian pilih Clear Hyperlinks (2).

Menghapus hyperlink di Microsoft Excel

Cara lain menghapus hyperlink beserta dengan formatnya dapat melalui menu pintas, klik kanan tombol mouse di area yang tersorot untuk menampilkan daftar menu pintas dan kemudian pilih Remove Hyperlinks.

Menghapus hyperlink di Microsoft Excel