Untuk Anda yang menggunakan aplikasi Microsoft Office dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, tentu tidak asing lagi dengan Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang terdapat di dalam Microsoft Office Suite selain Microsoft Word, Microsoft PowerPoint dan beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi dekstop ini dikhususkan untuk mengelola data dengan memanfaatkan fungsi dan formula. Area kerja Microsoft Excel sendiri terdiri dari kolom dan baris.

Penyajian data di Microsoft Excel akan menjadi kurang menarik tanpa adanya pemformatan seperti merubah jenis dan warna font, memberi warna background, memberi huruf tebal atau huruf miring dan lain sebagainya. Salah satu pemformatan yang jarang penulis temukan adalah penggunaan garis bawah (underline) selain garis bawah tunggal (single underline).

Selain pemformatan dengan garis bawah tunggal, di Microsoft Excel juga terdapat pemformatan garis bawah ganda. Bila Anda melihat antarmuka grafisnya (user interface), Anda dapat melihat hanya pemformatan untuk garis bawah tunggal, sedangkan pemformatan untuk garis bawah ganda agak tersembunyi. Untuk memformat teks dan angka dengan garis bawah ganda (double underline), berikut ini adalah langkahnya:

Jalankan aplikasi Microsoft Excel, buka dokumen yang datanya ingin diformat dengan garis bawah ganda. Sorot terlebih dahulu sel Excel berisi data yang ingin diformat.

Memformat teks atau angka dengan garis bawah ganda di Excel

Ini adalah cara yang paling mudah dan praktis. Pastikan Anda berada di tab Home (1), di kelompok Font, klik tanda panah kecil yang berada di tombol Underline (2) dan kemudian pilin Double Underline (3).

Memformat teks atau angka dengan garis bawah ganda di Excel

Sebagai alternatif selain cara di atas adalah dengan menggunakan kotak dialog Format Cells. Cara ini bisa digunakan ketika Anda kebetulan sudah membuka kotak dialog ini dan ingin juga memformat dengan garis bawah ganda. Pastikan Anda berada di tab Home, di kelompok Font, klik tombo Font Settings yang ada di sudut kanan bawah untuk membuka kotak dialog Format Cell dengan tab Font aktif.

Memformat teks atau angka dengan garis bawah ganda di Excel

Dengan tab Font telah aktif (1), pilih nilai Double dari kotak tarik turun (dropdown box) berlabel Underline (2) dan kemudian klik tombol OK untuk mengakhiri (3).

Memformat teks atau angka dengan garis bawah ganda di Excel

Kedua cara di atas menjadikan teks dan angka diformat dengan garis bawah ganda.

Memformat teks atau angka dengan garis bawah ganda di Excel