Microsoft Excel memiliki fitur yang cukup penting berupa komentar (comment) yang dapat ditambahkan di sel Excel. Fitur komentar ini akan lebih bermanfaat ketika sebuah dokumen Excel dikerjakan secara tim atau akan dibagikan kepada orang lain. Dengan fitur komentar, seseorang dapat menambahkan pesan atau catatan apapun seperti penggunaan rumus, penjelasan pada data tertentu atau mungkin sebuah pertanyaan terkait rumus atau data yang belum jelas.

Komentar dapat ditambahkan ke dalam sel Excel dengan mudah tanpa mempengaruhi data yang terdapat di sel tersebut. Ketika komentar telah ditambahkan, di sel tersebut akan muncul indikator (indicator) komentar berupa anak panah kecil berwarna merah yang terletak di sudut kanan atas. Indikator ini akan memberitahu pengguna dokumen Excel lainnya bahwa sel mempunyai komentar.

Secara standar, indikator komentar ditampilkan, sedangkan komentar hanya akan ditampilkan ketika pointer mouse diarahkan ke sel yang memiliki komentar. Namun semua tergantung dari pembuat dokumen Excel tersebut apakah akan mengatur untuk selalu menampilkan komentar dan indikatornya. Bila demikian, ketika dokumen Excel dibuka, semua komentar dan indikator kometar ditampilkan.

Menampilkan atau menyembunyikan komentar dan indikator komentar di Microsoft Excel

Menampilkan komentar terus menerus di dokumen Excel tentu akan menggangu bila ingin membaca data di dokumen tersebut, terlebih lagi bila dokumennya memiliki cukup banyak komentar. Bila Anda ingin fokus pada data dan mengabaikan komentar beserta indikatornya, Anda dapat menyembunyikan komentar dan indikator komentar. Berikut ini adalah cara menampilkan atau menyembunyikan komentar dan indikator komentar di Microsoft Excel.

Jalankan terlebih dulu aplikasi Microsoft Excel dan kemudian buka dokumen yang berisi komentar. Untuk menampilkan atau menyembunyikan komentar dan indikator komentar, klik tab File dan kemudian klik Options.

Menampilkan atau menyembunyikan komentar dan indikator komentar di Microsoft Excel

Di kotak dialog Excel Option yang terbuka, pastikan Anda berada di tab Advanced (1), di bagian Display, ada tida opsi terkait komentar dan indikator komentar, pilih tombol radio (radio button) No comments or indicators (2) dan kemudian klik tombol OK (3). Bila Anda ingin menampilkan kembali komentar dan indikator komentar, pilih salah satu dari dua tombol radio lainnya yang tersisa.

Menampilkan atau menyembunyikan komentar dan indikator komentar di Microsoft Excel

Alternatif lain untuk menampilkan atau menyembunyikan komentarnya saja adalah dengan menggunakan tombol di toolbar. Klik menu Review (1) dan selanjutnya pilih tombol Show/Hide Comment (2) atau Show All Comments (3).

Tombol Show/Hide Comment digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan sebuah komentar sel dengan cara menyeleksi terlebih dahulu sel yang berisi komentar. Tombol Show All Comments digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan seluruh komentar yang ada, Klik sekali untuk menampilkan semua komentar yang ada dan klik sekali lagi untuk menyembunyikan semua komentar yang ada.

Menampilkan atau menyembunyikan komentar dan indikator komentar di Microsoft Excel