Aplikasi dekstop apa untuk membuat dokumen teks, pastinya Anda menjawab Microsoft Word. Aplikasi dekstop apa untuk mengelola data, membuat grafik dan sebagainya, pastinya Anda menjawab Microsoft Excel. Anda tentunya sudah tahu bahwa Microsoft Word dan Microsoft Excel adalah dua dari beberapa aplikasi Microsoft Office yang terdapat di Microsoft Office Suite. Microsoft Office sendiri merupakan perangkat lunak yang dibuat oleh raksasa teknologi Microsoft.

Microsoft Word dan Microsoft Excel secara umum kompatibel antara satu dengan lainnya. Dengan demikian, seharusnya tidak ada kesulitan ketika Anda mengambil data dari Microsoft Excel untuk digunakan di Microsoft Word dan begitu pula sebaliknya. Terkadang untuk beberapa hal, Anda bahkan diberi beberapa pilihan atau opsi untuk menentukan sendiri mana yang lebih sesuai dan yang lebih Anda inginkan.

Misalnya, ketika Anda menyalin tabel data dari Microsoft Excel untuk digunakan di Microsoft Word, Anda mempunyai opsi untuk tetap menggunakan format asal di Microsoft Excel, menyalin hanya teksnya saja, menyalin dengan format yang berlaku di Microsoft word atau menyalin sebagai gambar. Dengan beberapa opsi ini, Anda diuntungkan dengan memilih opsi yang palin Anda kehendaki.

Menyalin data dari Microsoft Excel ke Microsoft Word sebagai gambar adalah salah satu opsi yang jarang digunakan. Salinan data sebagai gambar memberikan kekonsistenan tampilan di dokumen Microsoft Word. Anda atau siapapun tidak dapat merubah data berupa gambar tersebut. Namun Anda masih mempunyai data sumber di Microsoft Excel yang bisa dirubah.

Metoda menyalin data sebagai gambar di aplikasi Microsoft Office ini cukup mudah. Anda tidak perlu lagi merubah data Microsoft Excel menjadi gambar (jpg, jpeg atau png) terlebih dahulu dan kemudian baru menyisipkan ke dokumen Microsoft Word. Bila suatu saat Anda ingin menggunakan metoda ini, berikut adalah langkah-langkahnya:

Jalankan aplikasi Microsoft Excel dan kemudian buka dokumen Excel yang sebagian atau keseluruhan datanya akan disalin. Sorot atau blog data yang ingin disalin terlebih dahulu, klik kanan mouse untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Print.

Menyalin data dari Microsoft Excel ke Microsoft Word sebagai gambar

Jalankan aplikasi Microsoft Word dan kemudian buka salah satu dokumen Word sebagai tempat salinan data. Di contoh ini menggunakan dokumen Word baru yang masih kosong. Posisikan cursor mouse di tempat salinan data akan ditampilkan, klik kanan mouse untuk menampilkan menu dan tombol pintas dan kemudian pilih Picture (U).

Menyalin data dari Microsoft Excel ke Microsoft Word sebagai gambar

Sekarang dapat dilihat data dari Microsoft Excel telah disalin di Microsoft Word sebagai gambar (picture). Anda dapat memberlakukan format gambar data tersebut sebagaimana memformat gambar pada umumnya.

Menyalin data dari Microsoft Excel ke Microsoft Word sebagai gambar