Banner Microsoft Office PowerPoint

Membuat Teks Atau Tulisan Melingkar Dengan Word Art

Microsoft Office 2010 adalah aplikasi penerus berikutnya dari Microsoft Office 2007. Dari kesan awal, Microsoft Office 2010 tidak berbeda jauh dari segi penampilan dan fitur-fitur yang ada. Apabila kita menyelami lebih jauh, sebenarnya terdapat banyak peningkatan, baik dari segi kemanan, kemudahan, kestabilan, bertambahnya fitur-fitur baru, maupun peningkatan di masing-masing fitur itu sendiri. Salah satu fitur yang juga mengalami peningkatan adalah Word Art. Dengan Word Art yang ada di Microsoft Office 2010, kemudahan membuat berbagai bentuk dan pola teks semakin bisa dirasakan. Berikut ini adalah contoh sederhana penggunaan Word Art di Microsoft Office PowerPoint 2010 untuk membuat teks melingkar:

Buat tulisan apa saja di template Microsoft Power Point 2010 dengan menggunakan Text Box.

Tulisan akan dikelilingi garis putus-putus dengan handle di setiap sisi yang menandakan aktif untuk dimodifikasi.

Dari menu tambahan Drawing Tools yang muncul, klik Format yang ada di bawahnya > Text Effects > Transform > pilih tulisan melingkar (Circle). 

Tulisan yang Anda ketik akan berubah sedikit melengkung

Rubah kotak tempat teks yang berbentuk persegi panjang menjadi bujur sangkar dengan menarik handle bawah ke arah bawah.

Tekan handle warna pink dan gerakkan secara melingkar ke arah handle yang ada di sisi kanan kotak

Anda dapat mengamati bahwa posisi teks sekarang telah berubah, mungkin posisi teks saat Anda mengikuti langkah ini akan berbeda.

Kalau diinginkan, Anda dapat merubah jenis font dan besar tulisan sesuai keinginan (dalam contoh ini menggunakan font Calibri (Body) dan ukuran font 55.

Anda dapat melihat hasil akhir teks yang dibuat dalam bentuk melingkar.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.