Banner Microsoft Office PowerPoint

Menambahkan Dan Memutar Video Youtube Di Microsoft PowerPoint

Dengan semakin meningkatnya kemampuan dan bertambahnya fitur baru di aplikasi Microsoft Office serta dukungan perangkat lunak dari pihak ke-3, hal-hal yang sebelumnya tidak bisa dilakukan, sekarang menjadi mungkin. Aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office yang ada sekarang sudah jauh berbeda. Dulu, Microsoft PowerPoint hanya bisa untuk membuat presentasi berupa teks dan gambar dengan tampilan standar, sekarang Anda dapat membuat berbagai presentasi menawan yang di dalamnya terdapat unsur teks, gambar, video, animasi, dan juga suara.

Microsoft PowerPoint 2010 dan yang terbaru, Microsoft PowerPoint 2013, hadir dengan kemampuan yang ditingkatkan. Anda dapat dengan mudah menambahkan animasi, video, maupun suara. Membuat presentasi yang di dalamnya terdapat unsur movie, video, dan suara bukan hal yang sulit lagi. Apabila Anda bekerja dengan terkoneksi ke internet, Anda bahkan dapat memutar video dari situs sharing video seperti Youtube. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menambahkan video Youtube ke presentasi Microsoft PowerPoint:

Buka aplikasi Microsoft PowerPoint dan kemudian klik menu Insert.

Di area sebelah kanan, klik tombol Video > Video from Web Site....

Jendela Insert Video From Web Site muncul.

Untuk sementara, tinggal dulu aplikasi Microsoft PowerPoint. Jalankan browser dan buka situs Youtube untuk mencari video yang akan Anda sertakan di presentasi PowerPoint. Apabila sudah ditemukan, klik tombol (tulisan) Share untuk menampilkan informasi tambahan terkait video ini di bagian bawahnya.

Selanjutnya klik tombol (tulisan) Embed yang ada di bagian atas untuk menampilkan kode untuk video tersebut.

Beri tanda centang di check box yang berlabel Use old embed code [?] untuk menampilkan alternatif kode dan salin (copy) kode tersebut.

Kembali ke aplikasi Microsoft PowerPoint, sisipkan kode tersebut ke area teks dari jendela Insert Video From Web Site.

Slide aktif dari presentasi PowerPoint akan terisi kotak warna hitam dan menu Format dan Playback di kelompok Video Tools akan ditambahkan. Anda dapat merubah ukuran kotak warna hitam tersebut sesuai keinginan.

Dengan menu Format yang ada di kelompok Video Tools masih aktif, tekan tombol Play di deretan tombol perintah paling kiri untuk memutar video tersebut.

Tampak bahwa video Youtube berjalan dengan baik di slide presentasi Microsoft PowerPoint.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.