Pin It

Ketika sedang membuat presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint, Anda tentu sangat berharap bahwa presentasi yang dihasilkan akan tampil bagus dan terlihat profesional. Memanfaatkan tampilan background slide bawaan Microsoft PowerPoint tentu kurang memuaskan dan terkesan standar. Anda mungkin akan berusaha mengeksplorasi aplikasi ini untuk dapat menghasilkan tampilan yang jauh lebih baik. Benar, Microsoft PowerPoint sebenarnya juga menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk menghasilkan tampilan background slide yang lebih dari sekedar standar. Sebagai contoh, Anda dapat memanfaatkan warna, gambar atau tekstur sebagai background slide. Yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa background slide diusahakan tidak mengaburkan teks (warna teks dan background slide diusahakan kontras). Berikut ini adalah langkah-langkah merubah background slide menjadi tekstur agar tampilan presentasi lebih profesional:

Jalankan Aplikasi Microsoft PowerPoint dan mulai buat presentasi di slide pertama. Anda dapat memperhatikan bahwa background slide yang dipakai berwarna putih polos.

Klik kanan tombol mouse di area luar border yang mengelilingi image dan teks yang telah Anda buat untuk menampilkan shortcut menu dan kemudian pilih Format Background...

Dari jendela Format Background yang muncul, pastikan Anda berada di tab Fill, kemudian pilih tombol radio (radio button) berlabel Picture or texture fill dan beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Tile picture as texture.

Klik kota pilihan drop-down berlabel Texture untuk memilih tekstur yang telah tersedia di Microsoft PowerPoint. Contoh ini menggunakan tekstur Stationery.

Setelah memilih salah satu tekstur yang digunakan sebagai background slide, klik tombol Apply to all dan Close untuk mengakhiri.  Background slide sekarang telah berubah dan menggunakan tekstur yang telah Anda pilih.