Cara menghindari slide hitam kosong di akhir slideshow

Untuk Anda yang terbiasa melakukan presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint, mungkin sudah tidak akan asing dengan tampilan akhir berupa slide kosong warna hitam dengan tulisan minimal "End of slide show, click to exit". Ini merupakan standar bawaan dari aplikasi PowerPoint. Ketika slide hitam kosong tersebut diklik, Anda akan dibawa kembali ke aplikasi PowerPoint yang menampilkan slide baku (raw slide). Slide hitam kosong tersebut mungkin dimaksudkan sebagai pemberitahuan kepada peserta bahwa presentasi telah berakhir dan agar mereka juga tidak melihat slide baku yang dibuat.

Namun demikian pengaturan standar aplikasi PowerPoint ini dapat dirubah. Apabila Anda memang tidak mempermasalahkan para peserta presentasi melihat slide baku dan menginginkan slide terakhir Anda sebagai akhir dari tampilan slide, maka Anda dapat merubah pengaturan standar agar tidak lagi menampilkan slide hitam kosong, tetapi langsung kembali ke aplikasi PowerPoint yang menampilkan slide bakunya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti merubah pengaturan terkait slide hitam kosong ini:

Buka file aplikasi Microsoft Office PowerPoint 2010, klik tab File dan kemudian klik Options.

Cara menghindari slide hitam kosong di akhir slideshow

Dari kotak dialog PowerPoint Options yang muncul, klik Advanced. Di area sebelah kanan, cari kategori (kelompok) Slide Show dan kemudian hilangkan tanda centang yang ada di kotak centang (check box) berlabel End with black slide.  Untuk mengakhiri perubahan, klik tombol OK.

Cara menghindari slide hitam kosong di akhir slideshow