Bagi Anda yang pekerjaannya terkait dengan kegiatan presentasi, tentu tidak akan asing dengan program aplikasi Microsoft Office PowerPoint. Microsoft Office PowerPoint merupakan salah satu program aplikasi yang berada di edisi Office Home and Student ke atas yang memang dipergunakan untuk membuat bahan-bahan presentasi (slides). Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat bahan presentasi semenarik mungkin dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada. Salah satu fitur Microsoft Office PowerPoint yang mungkin jarang dimanfaatkan dalam pembuatan presentasi adalah fitur untuk menambahkan musik latar (background music). Dengan pengaturan tertentu, musik latar dapat diperdengarkan secara otomatis kepada peserta presentasi saat presentasi sedang berlangsung. Musik latar dapat menambah rasa saat informasi disampaikan dan membuat presentasi menjadi lebih menarik, terlebih lagi apabila musik latar dan tema presentasi bersesuaian. Berikut ini adalah cara bagaimana menambahkan musik latar di program aplikasi Microsoft Office PowerPoint 2010:

Buka file presentasi Microsoft Office PowerPoint yang ingin ditambah musik latar (background music) dan kemudian pilih slide pertama apabila Anda ingin musik diperdengarkan mulai dari slide pertama. Pastikan Anda berada di tab Insert, di kelompok Media, klik tombol Audio tepat di anak panah yang mengarah ke bawah dan kemudian pilih Audio from File...

Dari kotak dialog Insert Audio yang muncul, pilih file musik (umumnya mp3) yang akan digunakan sebagai musik latar dari presentasi Microsoft Office Powerpoint dan klik tombol Insert.

Ikon speaker dengan play bar akan muncul di tengah slide pertama. Saat ini Anda juga sudah dapat meninjau musik yang telah dipilih dengan mengklik tombil Play.

Saat ikon speaker terseleksi, Anda akanmendapatkan opsi Audio Tools yang berisi tab Format dan Playback. Pastikan Anda berada di tab Palyback, di kelompok Audio Options, atur nilai dari kotak drop-down berlabel Start ke Play across slides, beri juga tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Hide During Show dan Loop until Stopped dan atur pula volume speaker sesuai keinginan.

Untuk pengaturan tambahan, pastikan Anda berada di tab Animations dan klik tombol berlabel  Animation Pane.

Jendela baru berlabel Animation Pane akan ditampilkan di sebelah kanan dari layar. Klik tombol anak panah untuk menampilkan opsi lainnya dan kemudian pilih Effect Options...

Di sini Anda dapat menentukan opsi tambahan kapan musik latar mulai diperdengarkan dan kapan berhenti. Untuk sementara ini, Anda dapat membiarkan seperti apa adanya dan kemudian tekan tombol OK untuk mengakhiri. Sekarang Anda dapat memulai presentasi dengan iringan musik dari file musik yang telah dipilih sebelumnya.