Banner Microsoft Office PowerPoint

Membuat Teks Berjalan (Running Text) Di Microsoft PowerPoint

Anda yang sudah terbiasa menggunakan paket aplikasi Microsoft Office, tentu tidak asing dengan salah satu aplikasi yang ada di dalamnya yaitu Microsoft PowerPoint. Microsoft PowerPoint adalah aplikasi grafis dan visual buatan Microsoft yang ditujukan khusus untuk membuat presentasi. Dengan Microsoft PowerPoint ini, Anda dapat membuat dan menyajikan slide show yang mengkombinasikan obyek-obyek slide seperti teks, bentuk, gambar, grafik, animasi, diagram, video dan masih banyak lagi. Sampai saat ini, Microsoft PowerPoint masih menjadi aplikasi presentasi yang terbaik.

Salah satu fitur Microsoft PowerPoint yang membuat hasil presentasi bisa tampil hidup adalah fitur animasi (animation). Dalam pengertian sederhana, animasi adalah sesuatu yang membuat obyek di slide bergerak. Animasi di Microsoft PowerPoint tidak sulit digunakan karena sudah adanya fungsi bawaan (built-in function) untuk aneka animasi. Di artikel kali ini, akan diberikan contoh penggunaan animasi untuk membuat teks berjalan (running text) di Microsoft PowerPoint 2013 sebagaimana teks berjalan yang sering Anda lihat di bagian bawah dari layar televisi:

Jalankan aplikasi Microsoft PowerPoint, kemudian sisipkan obyek Text Box dan kemudian ketikkan teks di dalamnya (dalam contoh ini adalah teks "RUNNING TEXT", namun Anda dapat mengetik teks apapun yang diinginkan).

Gandakan obyek Text Box yang berisi teks "RUNNING TEXT" di dalamnya seperti gambar di bawah ini dan kemudian kelompokkan menjadi satu dengan menggunakan menu pintas Group.

Gandakan kembali kelompok teks tersebut dan kemudian letakkan salinannya ke bagian bawah untuk kemudahan dalam penyeleksian nantinya.

Pilih atau klik kelompok teks pertama untuk diberi animasi.

Pastikan Anda berada di tab ANIMATIONS dan kemudian klik tombol Add Animation. Arahkan pointer mouse ke bagian bawah dan kemudian klik atau pilih More Entrance Effects... untuk menampilkan kotak dialog Add Entrance Effect. Di kotak dialog ini, pilih effect Fly In dan kemudian klik tombol OK.

Pastikan Anda masih berada di tab ANIMATION dan kemudian klik tombol Animation Pane untuk menampilkan jendela Animation Pane yang diposisikan di area sebelah kanan. Klik tombol anak panah ke bawah dari effect yang sudah dibuat sebelumnya dan kemudian klik menu Effect Options...

Di tab Effect dari kotak dialog Fly In yang muncul, pilih From Right dari kotak drop-down berlabel Direction.

Masih di kotak dialog Fly In, pilih tab Timing dan isikan sesuai dengan gambar di bawah untuk kotak drop-down berlabel Start, Duration dan Repeat.

Yang berikutnya, pilih atau klik kelompok teks kedua untuk diberi animasi.

Pastikan lagi Anda masih berada di tab ANIMATIONS dan kemudian pilih tombol Add Animation. Arahkan pointer mouse ke bagian bawah dan kemudian klik atau pilih More Exit Effects... untuk menampilkan kotak dialog Add ExitEffect. Di kotak dialog ini, pilih effect Fly Out dan kemudian klik tombol OK.

Masih di tab ANIMATION, klik tombol Animation Pane untuk menampilkan jendela Animation Pane yang diposisikan di area sebelah kanan. Klik tombol anak panah ke bawah dari effect yang sudah dibuat sebelumnya dan kemudian klik menu Effect Options...

Di tab Effect dari kotak dialog Fly Out yang muncul, pilih To Left dari kotak drop-down berlabel Direction.

Masih di kotak dialog Fly Out, pilih tab Timing dan isikan sesuai dengan gambar di bawah untuk kotak drop-down berlabel Start, Duration dan Repeat.

Langkah terakhir adalah gabungkan kelompok teks kedua ke kelompok teks pertama dengan menggesernya. Usahakan posisi kedua kelompok teks tersebut tepat dan saling meliputi. Simpan terlebih dahulu hasil pekerjaan Anda ini dan kemudian jalankan slide show untuk melihat animasi running teks.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.