Untuk membuat atau mendesain slide presentasi, selain teks, ada mungkin Anda juga akan menambahkan atau menyertakan grafik, foto, gambar bentuk (shape) atau obyek lain untuk memperindah tampilan presentasi. Untuk gambar bentuk, Microsoft PowerPoint telah menyediakan berbagai macam yang siap digunakan. Namun apabila Anda menghendaki gambar bentuk lain yang tidak ada di Microsoft PowerPoint, Anda dapat menggunakan tool Freeform atau Scribble. Dengan menggunakan salah satu tool tersebut, Anda dapat membuat gambar bentuk bebas sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Menggunakan tool Freeform atau Scribbe layaknya Anda menggambar dengan menggunakan sebuah pensil. Namun diantara kedua tool tersebut, Freeform lebih fleksibel dan mudah digunakan. Dengan Freeform, selain dapat membuat pola bebas sesuai yang diinginkan, Anda juga dapat membuat garis lurus. Selain itu, freeform juga membolehkan Anda untuk berhenti sementara waktu dan kemudian melanjutkannya kembali. Hal ini tidak berlaku pada tool Scribbe yang akan menganggap Anda telah selesai membuat gambar. Ketika Anda mempertemukan titik akhir (end point) dengan titik awal (starting point), maka gambar bentuk dengan pola yang telah ditentukan akan dibuat secara otomatis.

Jalankan aplikasi Microsoft PowerPoint, pastikan Anda berada di tab Insert (1), klik tombol Shapes (2) dan kemudian pilih atau klik tool Freeform(3). Cursor akan langsung berubah menjadi tanda plus (cross hair) ketika diarahkan ke slide.

Menggambar bentuk bebas menggunakan tool Freeform di PowerPoint

Untuk membuat garis lurus menggunakan tool Freeform, klik di area yang akan menjadi titik awal (starting point) dan kemudian klik kembali di area lain. Apabila Anda cukup sampai disini, tekan tombol keyboard Esc untuk mengakhiri, apabila ingin meneruskan dengan pola bebas, Anda dapat melanjutkan.

Menggambar bentuk bebas menggunakan tool Freeform di PowerPoint

Bila Anda membuat garis lurus dengan menekan tombol keyboard Shift, akan terbentuk garis lurus vertikal, horisontal atau garis lurus dengan kenaikan sudut 45 derajat.

Menggambar bentuk bebas menggunakan tool Freeform di PowerPoint

Bila Anda ingin membuat gambar bentuk bebas dengan kombinasi pola garis lurus dan pola bebas atau hanya salah satunya, Anda dapat membuat pola garis lurus sama seperti contoh di atas, sedangkan untuk pola bebasnya, Anda lakukan drag (klik, tahan dan geser) tombol kiri mouse membentuk pola bebas yang Anda inginkan. Bila terjadi kesalahan pembuatan pola, Anda dapat menghapusnya menggunakan tombol keyboard Del.

Menggambar bentuk bebas menggunakan tool Freeform di PowerPoint

Untuk membuat gambar bentuk bebas, pertemukan titik awal (starting point) dengan titik akhir (end point). Ketika titik awal dan titik bertemu, gambar betuk bebas langsung dibuat.

Menggambar bentuk bebas menggunakan tool Freeform di PowerPoint