Microsoft PowerPoint adalah salah satu aplikasi Microsoft Office yang khusus untuk membuat presentasi. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat presentasi dengan tampilan yang profesional. Elemen presentasi yang dapat disertakan adalah teks dan obyek lain seperti foto, gambar, grafik, bentuk (shape), audio, video dan sebagainya. Obyek foto, gambar dan grafik dapat diperoleh dari sumber luar, namun untuk berbagai pola bentuk, Microsoft PowerPoint telah menyediakannya. Anda tinggal menentukan bentuk mana diinginkan dan kemudian menambahkan ke slide presentasi.

Menggunakan bentuk (shape) yang sesuai untuk digunakan di slide presentasi terkadang bukan perkara mudah. Anda mungkin merasa bahwa bentuk yang Anda gunakan kurang tepat dan ingin menggantinya dengan bentuk lain. Anda kemudian menghapus bentuk tersebut, memilih bentuk lain yang diinginkan dan kemudian menyisipkannya kembali ke slide presentasi. Anda kemudian mengatur kembali posisi dan formatnya. Cara demikian perlu waktu lama karena Anda memulainya lagi dari awal lagi.

Microsoft PowerPoint sebenarnya memberikan fitur yang dapat digunakan untuk merubah bentuk ke bentuk lain dengan lebih cepat. Posisi dan format yang diterapkan ke bentuk pertama akan digunakan kembali oleh bentuk pengantinya. Anda tidak perlu lagi mengatur posisi dan formatnya. Ini tentunya akan menghemat waktu Anda dan pembuatan slide presentasi menjadi lebih cepat. Berikut ini adalah cara merubah bentuk (shape) ke bentuk lain di Microsoft PowerPoint 2016:

Jalankan aplikasi Microsoft PowerPoint, klik tab Insert, kemudian klik tombol Shapes di kelompok Illustrations, kemudian pilih Rectangle dan selanjutnya gambarkan bentuk (shape) rectangle di posisi tengah slide. Lakukan pemformatan sesuai dengan keinginan Anda pada bentuk rectangle tersebut.

Merubah bentuk (shape) tertentu ke bentuk lain di PowerPoint

Klik pada bentuk (shape) rectangle yang telah dibuat untuk menyeleksinya. Pastikan Anda berada di tab Format (1), kemudian pilih Edit Shape (2) dan selanjutnya pilih bentuk (shape) lain sebagai pengganti, misalnya 8-Point Star (3).

Merubah bentuk (shape) tertentu ke bentuk lain di PowerPoint

Sekarang Anda dapat melihat perubahan ke bentuk (shape) baru dengan tetap di posisi sama dan tetap menggunakan format sebelumnya.

Merubah bentuk (shape) tertentu ke bentuk lain di PowerPoint