Merubah mouser pointer menjadi laser pointer

Microsoft PowerPoint adalah salah satu aplikasi yang khusus digunakan untuk membuat dan menghasilkan presentasi yang profesional. Versi terbaru Microsoft PowerPoint memiliki fitur yang sangat berguna bagi presenter dalam melakukan presentasi di hadapan audien. Fitur tersebut adalah merubah mouse pointer menjadi laser pointer. Dengan laser pointer ini, Anda dapat menunjuk ke bagian-bagian tertentu yang menjadi poin utama dari setiap slide presentasi untuk mendapatkan perhatian lebih dari audien.

Presentasi yang dilakukan hanya dengan berbicara terus menerus terkadang akan mengaburkan poin-poin penting yang seharusnya menjadi fokus audien. Audien tidak dapat menangkap dengan baik poin penting yang terkandung di setiap slide presentasi. Dengan menggunakan laser pointer, Anda mengajak audien untuk fokus pada bagian tertentu agar mendapatkan perhatian lebih. Laser pointer dapat dengan mudah menarik perhatian audien karena umumnya mata akan lebih sensitif pada sesuatu yang bergerak.

Secara standar, warna laser pointer adalah merah. Namun melalui pengaturan, Anda dapat merubah warna tersebut ke salah satu warna yang telah disediakan. Namun Anda perlu pastikan untuk memilih warna laser pointer yang kontras dengan warna tampilan presentasi. Anda dapat mengaktifkan laser pointer saat slide show dimulai. Anda juga mempunyai opsi untuk mengaktifkan laser pointer secara terus-menerus selama presentasi berlangsung atau hanya mengaktifkannya sementara.

1. Merubah mouse pointer menjadi laser pointer.

Mengaktifkan laser pointer terus menerus selama presentasi berlangsung. Anda dapat merubah mouse pointer menjadi laser pointer terus menerus selama presentasi berlangsung. Untuk merubah mouse pointer menjadi laser pointer, jalankan slide show terlebih dahulu dan sebelum memulai presentasi, klik nanan tombol mouse untuk menampilkan daftar menu pintas, pilih Pointer Options (1) dan selanjutnya Laser Pointer (2).

Merubah mouse pointer menjadi laser pointer di PowerPoint

Mengaktifkan laser pointer sementara. Alternatif selain mengaktifkan laser pointer terus menerus selama presentasi berlangsung, Anda juga dapat mengaktifkannya sementara sesuai keperlua. Untuk mulai mengaktifkan laser pointer sementara, tekan tombol keyboard Ctrl, klik tombol kiri mouse dan kemudian drag (tekan dan geser).

2. Merubah warna laser pointer.

Untuk merubah warna laser pointer, pastikan Anda berada di tab Slide Show (1) dan kemudian klik tombol Set Up Slide Show (2).

Merubah mouse pointer menjadi laser pointer di PowerPoint

Di kotak dialog Set Up Show yang muncul, dari kotak daftar tarik turun (combo box) berlabel Laser pointer color, pilih salah satu warna yang diinginkan (1) dan kemudian klik tombol OK untuk mengakhiri (2).

Merubah mouse pointer menjadi laser pointer di PowerPoint