Microsoft Office adalah program aplikasi yang sudah umum digunakan di setiap perkantoran. Hampir semua orang dapat menggunakan aplikasi Microsoft Office termasuk di dalamnya adalah Microsoft PowerPoint. Microsoft PowerPoint adalah aplikasi khusus untuk membuat slide presentasi. Bila Anda mempunyai pekerjaan yang berkaitan dengan menjelaskan suatu program atau rencana, memperkenalkan produk dan jasa atau mencoba mempengaruhi sikap atau pendirian seseorang dengan fakta yang ada, Anda perlu menguasai aplikasi ini.

Membuat presentasi yang menarik tidak semata-mata tergantung pada kemampuan Anda menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint. Anda juga harus menguasai betul materi yang akan dipresentasikan serta menyajikannya dengan semenarik mungkin. Anda dapat mengkombinasikan teks dan obyek lain seperti gambar, foto atau grafik yang bisa menarik dan memikat audien. Dari beberapa presentasi yang pernah penulis ikuti, ada salah satu presentasi yang di slide-nya diberi tanggal, waktu dan tema (teks) presentasi. Anda tidak harus menambahkan ini di slide presentasi karena semua itu adalah preferensi masing-masing. Namun dari kaca mata penulis, presentasi yang disajikan terkesan lebih prefesional dengan adanya sentuhan tersebut.

Sebagai presenter profesional, Anda mungkin mampu untuk melakukan presentasi dalam beberapa bahasa. Tentunya juga, Anda perlu mempersiapkan bahan presentasi untuk beberapa bahasa tersebut. Secara umum, instalasi Microsoft Windows dan Microsoft Office menggunakan bahasa ingris dan tentu format tanggal dan waktu akan mengikuti format bahasa tersebut. Apabila Anda membuat presentasi berbahasa Indonesia, sudah seharusnya Anda juga menggunakan tanggal dan waktu dengan format Indonesia. Di Microsoft PowerPoint, Anda dapat melakukan penyesuaian format tanggal dan waktu terlebih dahulu mengikuti bahasa yang digunakan sebelum menambahkan tanggal dan waktu di slide presentasi.

1. Mengatur format tanggal dan waktu sesuai bahasa.

Jalankan aplikasi Microsoft PowerPoint, klik menu File dan dari backstage screen yang muncul, pilih Options.

Menambahkan tanggal dan waktu, nomor slide serta teks di presentasi PowerPoint

Dari kotak dialog PowerPoint Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab Language (1), dari kotak daftar tarik turun (combo box) Add additional editing languages, pilih bahasa yang diinginkan, misalnya Indonesia (2), selanjutnya klik tombol Add (3), kemudian tombol Set as Default (4) dan kemudian akhiri dengan menklik tombol OK (5).

Menambahkan tanggal dan waktu, nomor slide serta teks di presentasi PowerPoint

2. Menambahkan tanggal dan waktu, nomor halaman dan teks.

Pastikan Anda berada di tab View (1) dan di kelompok Presentaion Views, klik tombol Normal (2).

Menambahkan tanggal dan waktu, nomor slide serta teks di presentasi PowerPoint

Selanjutnya klik tombol Insert dan di kelompok Text, klik tombol Date & Time.

Menambahkan tanggal dan waktu, nomor slide serta teks di presentasi PowerPoint

Di kotak dialog Header and Footer yag muncul, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Date and time (1), pilih tombol radio (radio button) berlabel Update automatically (2) jika ingin tanggal dan waktu secara otomatis diperbarui ketika slide presentasi dijalankan atau pilih sebaliknya Fixed, pilih format tanggal dan waktu yang ingin digunakan dari kotak daftar tarik turun (3), beri tanda centang di kotak centang berlabel Slide number (4) untuk menambahkan nomor slide, beri tanda centang di kotak centang berlabel Footer (5), kemudian tuliskan teks yang diinginkan (6) dan selanjutnya akhiri dengan mengklik tombol Apply to All (7) untuk diberlakukan di semua slide presentasi.

Menambahkan tanggal dan waktu, nomor slide serta teks di presentasi PowerPoint