Banner Microsoft Office Word

Memproteksi Dokumen Microsoft Word Dengan Password

Micrososft Office Word merupakan salah satu aplikasi perkantoran pengolah kata (word processor) yang paling banyak digunakan saat ini. Aplikasi ini menjadi pilihan karena kemudahaanya saat digunakan dan banyaknya pengguna yang sudah terbiasa dengan lingkungan grafisnya. Microsoft Office Word mulai dikenal saat paket Microsoft Office 3.0 pertama kali diluncurkan pada Agustus 1992 oleh perusahaan raksasa Microsoft. Microsoft sangat serius mengembangkan perangkat lunak aplikasi ini dengan peningkatan dan penambahan berbagai fitur baru di setiap rilis versi barunya. Versi terbaru paket aplikasi perkantoran keluaran Microsoft saat ini adalah Microsoft Office 2013.

Salah satu fitur penting yang dapat Anda manfaatkan dari paket aplikasi perkantoran ini adalah proteksi file. Di Microsoft Office Word, Anda dapat memproteksi dokumen yang Anda buat dengan password sehingga hanya orang yang mengetahui password yang dapat membukan dan atau memodifikasi dokumen. Fitur penting ini sangat berguna apabila dokumen yang dibuat bersifat rahasia atau hanya ditujukan untuk orang tertentu saja sehingga akan aman dari akses orang yang tidak bertanggung-jawab (orang yang tidak memiliki otorisasi). Untuk memproteksi dokumen Microsoft Office Word yang sedang dibuat, berikut ini langkah yang dapat Anda ikuti:

Buat dokumen baru dengan Microsoft Office Word atau buka dokumen yang belum diproteksi. Selanjutnya pilih menu File > Save As.

Jendela Save As terbuka. Tentukan direktori penyimpanan dokumen word, nama file, dan biarkan default untuk tipe dokumen yang akan diproteksi.

Tekan anak panah yang berlabel Tools yang ada di samping kiri tombol Save dan kemudian klik General Options...

Masukkan passwor proteksi untuk dokumen Microsoft Word Anda di kotak teks berlabel Password to open dan Password to modefy dan kemudian tekan tombol OK. Password untuk kedua kotak teks tersebut bisa sama dan bisa juga berbeda.

Ulangi penulisan password untuk membuka dokumen Microsoft Word di jendela Confirm Password dan kemudian tekan tombol OK.

Ulangi penulisan password untuk memodifikasi dokumen Microsoft Word di jendela Confirm Password dan kemudian tekan tombol OK.

Sekarang dokumen Microsoft Word Anda telah terproteksi dengan password. Anda dapat mencobanya dengan menutup dokumen tersebut terlebih dahulu dan kemudian membukanya kembali. Sebelum dokumen tersebut terbuka, Anda akan diminta memasukkan password untuk membuka dan memodifikasi dokumen tersebut.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.