Pin It

Sebagai seorang penulis, baik artikel maupun naskah buku, Anda akan disibukkan dengan penuangan ide-ide ke dalam bentuk tulisan dengan bantuan software pengolah kata (word processor) seperti Microsoft Word. Untuk menghasilkan artikel atau naskah buku yang berkualitas, Anda mungkin masih memerlukan bantuan orang yang lebih memahami atau menguasai tentang konten atau materi artikel atau buku yang ditulis.

Seringkali sebuah artikel atau naskah buku berisi istilah, kata, atau frase yang mungkin kurang Anda kuasai. Kerena hal ini, Anda bermaksud meminta bantuan koreksi kepada orang lain. Anda dapat menambahkan catatan atau pesan pada istilah, kata atau frase yang perlu mendapat koreksi atau menjadi perhatian dari orang tersebut. Orang yang membuka dokumen (artikel atau naskah buku) Anda akan membaca catatan atau pesan yang telah Anda sisipkan dan mungkin akan membalasnya.

Menambahkan pesan, catatan, komentar atau yang lain pada kata, frase atau kalimat di dokumen Microsoft Office Word dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini sangat berguna apabila dokumen dikerjakan secara tim. Setiap orang di dalam Tim dapat memberikan masukan (catatan, pesan atau komentar) sehingga hasil revisi dokumen menjadi lebih baik. Berikut ini Adalah langkah-langkah untuk menambahkan komentar di dokumen Microsoft Office Word.

1. Menambahkan catatan, pesan atau komentar.

Buka dokumen (artikel, buku atau yang lain) Microsoft Word Anda yang akan diberi catatan, pesan atau komentar.

Sorot terlebih dahulu kata, frase atau kalimat yang akan diberi catatan, pesan, komentar atau yang lain.

Klik tab Review dan kemudian klik tombol New Comment.

Ketika kotak komentar (kotak warna merah di sebelah kanan dokumen) muncul, ketikkan catatan, pesan atau komentar Anda. Untuk memberi catatan, pesan atau komentar pada kata, frase atau kalimat yang lain, Anda dapat mengulangi langkah tersebut.

Anda juga dapat menambahkan catatan, pesan atau komentar pada kata, frase atau kalimat yang sama dengan cara menyorot area komentar yang sudah ada dan kemudian menekan tombol New Comment kembali. Untuk dokumen yang dikerjakan secara tim, cara ini dapat digunakan oleh anggota tim yang lain untuk menambahkan catatan, membalas komentar atau menanggapi.

Kotak komentar akan ditambahkan di bawah kotak komentar yang sudah ada sebelumnya. Anda dapat menuliskan catatan, pesan atau komentar di kotak komentar.

2. Meninjau komentar.

Komentar yang ditambahkan di dokumen Microsoft Office Word dapat ditinjau (review). Ada dua pilihan tinjauan yaitu secara vertikal dan horisontal. Berikut cara meninjau komentar yang ada di dokumen secara vertikal.

Pastikan Anda masih berada di tab Review. Klik tanda panah ke bawah dari tombol Reviewing Pane dan kemudian pilih (klik) Reviewing Pane Vertical...

Area tinjauan komentar akan ditampilkan di sebelah kiri dokumen yang sedang terbuka. Untuk mengetahui tinjauan komentar secara horisontal, Anda dapat memilih (klik) Reviewing Pane Horizontal...

 

3. Menghapus komentar dari dokumen.

Catatan, pesan atau komentar yang ditambahkan di dokumen Microsoft Word melalui kotak komentar dapat dihapus. Anda dapat menghapus catatan, pesan atau kometar tertentu, sebagian atau keseluruhan. Sebagai contoh, untuk menghapus semua catatan, pesan atau komentar yang ada di dokumen word, klik tombol Delete dan kemudian pilih (klik) Delete All Comment in Document.

Baca artikel terkait lainnya: