Microsoft Office Word merupakan aplikasi pengolah kata yang memang dikususkan untuk membuat dokumen dengan ekstensi .doc atau .docx. Anda seharusnya menggunakan aplikasi ini untuk membuat atau membuka file-file dengan ekstensi tersebut. Tetapi dengan sedikit konfigurasi, Anda juga dapat membuka kode sumber (script) HTML (file dengan ekstensi .htm atau .html). Anda juga dapat merubah kode sumber file HTML di Microsoft Office Word dan menyimpanya.

Memang bukan hal yang umum menggunakan aplikasi Microsoft Office Word untuk membuka dan mengedit file HTML. Selain kurang nyaman, juga tidak fleksibel menggunakan Microsoft Office Word sebagai editor file HTML. Anda sangat dianjurkan menggunakan aplikasi yang tepat yang memang diperuntukkan salah satunya membuat dan merubah file HTML seperti Notepad, Notepad++, atau aplikasi yang lain. Apabila Anda penasaran dan ingin tahu lebih lanjut, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk membuka kode sumber (script) HTML di Microsoft Office Word 2010:

Konfigurasi aplikasi Microsoft Office Word Anda dengan cara klik menu File > Options.

Di jendela Word Options yang terbuka, pilih dan klik Advanced. Gulung ke bawah sampai menemukan tab General, kemudian beri centang di check box berlabel Confirm file format conversion on open, dan akhiri dengan menekan tombol OK.

Setelah sedikit konfigurasi selesai, buka file HTML dengan menekan menu File > Open. Pilih file HTML (berekstensi .htm atau .html) dan kemudia tekan tombol Open.

Di jendela Convert File yang muncul, pilih Plain Text dan kemudian tekan tombol OK.

File HTML yang Anda pilih terbuka di area kerja aplikasi Microsoft Office Word.