Banner Microsoft Office Word

Menyembunyikan Text Di Dokumen Microsoft Word

Sebuah dokumen dapat berisi informasi yang sangat penting dan rahasia dan hanya boleh diketahui oleh orang tertentu saja dalam suatu institusi. Ada kalanya sebagai pelayan masyarakat, sebuah institusi pemerintah harus juga dituntut untuk mempublikasikan dokumen penting yang bersisi informasi sensitif kepada masyarakat sebagi bentuk tanggung jawab dan stransparansi. Mau tidak mau, informasi tertentu di dalam dokumen seharusnya disensor agar tidak menjadi konsumsi atau diketahui publik.

Melakukan sensor dengan menghapus informasi penting dan sensitif akan memerlukan waktu dan ketelitian, belum lagi meyesuaikan kalimatnya setika sebuah kata, frase, atau kalimat yang dianggap sensitif dihapus. Cara yang lebih mungkin dan mudah adalah dengan menyorot informasi tersebut dan memberi warna hitam (black bar) agar tidak terlihat lagi. Harus dipastikan juga bahwa black bar ini bersifat permanen dan tidak mudah dihilangkan dengan cara apapun sehingga informasi sensitif yang disembunyikan tetap aman.

Untuk maksud tersebut, Anda dapat menggunakan sebuah add-in Redaction Tool yang memang dikususkan untuk Microsoft Office Word 2007 dan 2010. Add-in ini dapat diunduh secara gratis dan diinstal di sistem komputer Anda. Apabila proses instalasi berjalan dengan lancar, grup Redact (Redact group) di tab Review akan ditambahkan di Microsoft Office Word 2007 atau 2010. Apabila berminat, Anda dapat mengunduh add-in tersebut di http://redaction.codeplex.com.

Ketika penulis mencoba menginstal add-in tersebut, terjadi permasalahan sehingga instalasi gagal. Hal ini mungkin dikarenakan Microsoft Visual Studio Tools untuk Microsoft Office system tidak terinstal dengan benar atau tidak kompatibel dengan sistem komputer. Apabila ini yang menjadi permasalahan, Anda dapat membatalkan instalasi (uninstall) Microsoft Visual Studio Tools untuk Microsoft Office system yang menjadi satu paket dengan add-in tersebut dan menggantinya Microsoft Visual Studio Tools untuk Microsoft Office system versi 3.0 yang dapat diunduh melalui url http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=23656#system-requirements. Microsoft Visual Studio Tools untuk Microsoft Office system versi 3.0 (VSTOR30.exe) diperlukan untuk menjalankan VSTO sistem Microsoft Office 2007 yang dibangun menggunakan Microsoft Visual Studio 2008. Apabila Anda ingin meredaksi dokumen penting untuk menyembunyikan informasi sensitif yang bukan bahan konsumsi publik menggunakan add-in ini, berikut langkah-langkah yang dapat diikuti:

Buka dokumen Microsoft Word yang berisi informasi sensitif. Sorot semua informasi sensitif dari dokumen yang mau disembunyikan.

Klik tap Review dan di grup Redact, klik tombol Mark untuk menandai teks atau informasi yang telah disorot.

Anda dapat memperhatikan bahwa teks atau informasi yang telah disorot telah ditandai dengan warna abu-abu (grey).

Untuk mulai menyembunyikan teks atau informasi, klik tombol Mark dengan anak panak kecil yang mengarah ke bawah. Dari daftar pilihan yang muncul, klik Redact Document.

Klik tombol Inspect dari jendela Word 2007 Redaction Tool yang muncul.

Pastikan semua check box dicentang dan kemudian klik tombol Inspect.

Klik tombol Remove All dan kemudian klik tombol Close.

Teks atau informasi sensitif langsung disembunyikan dengan diberi warna hitam. Anda perlu ketahui bahwa warna yang menutupi teks atau informasi ini bersifat permanen dan tidak bisa dipulihkan lagi.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.