Program aplikasi apa yang paling tepat untuk mengurutkan daftar nama yang sedang dibuat? Sebagian besar dari Anda tentu akan menggunakan aplikasi Microsoft Office Excel. Microsoft Office Excel memiliki fleksibilitas lebih dalam mengurutkan (sorting) sebuah data yang kompleks. Ini salah satu kelebihan dan keunggulan Microsoft Office Excel dibandingkan dengan Microsoft Office. Ini tidak berarti bahwa Anda harus menggunakan Microsoft Office Excel apabila ada data yang harus diurutkan.

Untuk data yang lebih sederhana, Anda masih dapat menggunakan aplikasi Microsoft Office Word atau yang lainnya. Mislnya, Anda ditugaskan oleh kantor untuk membuat sebuah surat pengantar yang di dalamnya terdapat daftar 10 atau 15 nama peserta yang akan mengikuti pelatihan. Anda mungkin akan memilih untuk tidak memisahkan antara surat pengantar yang pendek dengan daftar peserta pelatihan dalam lampiran terpisah. Anda dapat menyertakan nama peserta pelatihan langsung di dalam surat tanpa perlu memisahkan dalam lembar tersendiri.

Saat surat sudah siap untuk dicetak, baru terfikirkan oleh Anda bahwa daftar nama-nama di dalam surat akan lebih baik kalau diurutkan. Jangan kawatir, Microsoft Office Word juga memiliki fitur untuk mengurutkan data secara alfabet dengan sempurna. Jika Anda menghadapi situasi seperti ini, berikut langkah-langkah yang dapat diikuti untuk mengurutkan data di dokumen Microsoft Office Word:

Sorot terlebih dahulu data (daftar nama) di dokumen Microsoft Office Word yang akan diurutkan.

Pastikan Anda masih berada di tab Home, di kelompok Paragraph, pilih tombol Sort (tombol menyala yang berada persis di bawah tab Developer).

Dari jendela Sort Text yang muncul, pilih model pengurutan apakah Ascending (A to Z) atau Descending (Z to A) dan kemudian tekan atau klik tombol OK.

Anda dapat perhatikan bahwa daftar nama yang ada di dokumen Microsoft Office Word telah diurutkan sesuai model pengurutan yang dipilih.