Sebuah dokumen yang dibuat menggunakan Microsoft Office Word umumnya terdiri dari teks, tabel, image atau grafik. Tabel, image atau grafik sangat mudah diletakkan dan lazim ada di dokumen Microsoft Office Word karena adanya fitur standar bawaan yang memang dimaksudkan untuk itu. Pernahkah Anda membayangkan sebuah dokumen word yang memiliki obyek lain seperti video. Video memang jarang disertakan di dokumen Microsoft Office Word, selain memang kurang lazim, juga tidak banyak orang yang mengatahui bagaimana menambahkan video ke dalam dokumen. Sebuah dokumen Microsoft Office Word yang juga memuat video (misalnya video Youtube) secara langsung dapat lebih mengekspresikan sudut pandang (viewpoint).

Microsoft Office Word memperbolehkan Anda untuk menambahkan video dengan bantuan komponen Macromedia Shockwave Flash Objek. Mulai dari Microsoft Office 2003, Anda dapat menikmati fitur yang sangat jarang digunakan ini dengan syarat komputer telah terinstal Adobe Flash Player. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menambahkan video Youtube ke dalam dokumen Microsoft Office Word 2013 menggunakan Shockwave Flash Objek:

Buka dokumen Microsoft Office Word yang akan ditambah video Youtube. Posisikan kursor dimana video Youtube akan diletakkan. Pastikan Microsoft Office Word Anda telah memiliki tab DEVELOPER. Bila belum, tampilkan tab DEVELOPER terlebih dahulu (baca artikel Menampilkan Tab DEVELOPER Di Microsoft Office Word).

Klik tab DEVELOPER, klik Legacy Tools yang ada di kelompok (group) Controls dan kemudian klik More Controls.

Dari kotak dialog More Controls yang muncul, cari dan pilih Shockwave Flash Object dan kemudian klik tombol OK.

Gambar persegi panjang dengan diagonal sisi muncul di posisi kursor. Anda dapat merubah ukuran panjang dan lebar dengan menarik handler yang terdapat di setiap sisi.

Cari video di Youtube yang ingin ditambahkan ke dokumen dan kemudian salin (copy) url dari video youtube tersebut.

Posisikan kursor ke area gambar persegi panjang yang memiliki diagonal sisi, klik kanan untuk menampilkan menu shortcut dan kemudian klik Properties.

Dari kotak dialog Properties yang muncul, beri nilai True untuk properti EmbedMovie dan Playing serta alamat url yang Anda telah salin sebagai nilai dari properti Movie. Agar link (url) ini dapat bekerja, Anda perlu merubah "/watch?v=" dengan "/v/".

Perhatikan ikon Design Mode di tab Controls yang masih aktif. Klik sekali ikon tersebut untuk menonaktifkannya.

Apabila komputer Anda telah terkoneksi ke internet, kotak persegi panjang dengan diagonal sisi akan berubah menjadi frame video yang siap diputar dengan menekan ikon Play yang ada di tengah frame. Untuk kasus tertentu, Anda perlu menyimpan dan menutup terlebih dahulu dokumen yang berisi video youtube dan kemudian membukannya kembali untuk bisa melihat frame video yang siap diputar.

Baca artikel terkait lainnya: