Banner Microsoft Office Word

Membuat Paragraf Lebih Menonjol Dengan Drop Cap

Drop cap dapat diartikan sebagai sentuhan dekoratif berupa huruf kapital besar dan indah yang digunakan sebagai huruf awal paragraf pertama dari suatu bab atau dokumen. Drop cap akan menambah ukuran huruf pertama paragraf sehingga akan mengakibatkan huruf tersebut turun satu atau beberapa baris ke bawah. Banyak jenis media cetak yang memanfaatkan penggunaan drop cap seperti buku, majalah, koran dan lain sebagainya karena dapat menambah daya tari visual dari sebuah halaman. Dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word, Anda dapat dengan mudah menambahkan drop cap di sebuah paragraf. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk membuat drop cap di Microsoft Word:

Jalankan aplikasi Microsoft Word dan buka dokumen yang akan diberi drop cap (dropped capital letter).

Blok (sorot) paragraf pertama yang karakter awalnya akan dirubah menjadi drop cap.

Pastikan Anda berada di tab insert dan kemudian klik tombol berlabel Drop Cap. Dari tampilan menu drop-down yang muncul, pilih salah satu model crop cap. Di contoh ini menggunakan Drop Cap Options... karena memiliki beberapa pengaturan properti tambahan.

Di jendela Drop Cap yang muncul, pilih Dropped di kelompok Position, pilih jenis font Tahoma, beri nilai 4 di kotak spinner berlabel Lines to drop dan klik tombol OK untuk mengakhiri.

Anda dapat memperhatikan karakter J di awal paragraf telah berubah menjadi lebih besar dengan posisi turun ke bawah 4 baris.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.