Banner Microsoft Office Word

Cara Menyembunyikan Dan Menampilkan Kembali Teks Di Word

Di artikel Menyembunyikan Text Di Dokumen Microsoft Word, Anda dapat membaca materi tentang menyembunyikan teks di dokumen Microsoft Word dengan menggunakan add-in Redaction Tool yang memang dikhususkan untuk MIcrosoft Offie Word 2007 dan 2010 dan dapat diunduh secara gratis. Teks akan disembunyikan dengan memberi warna hitam (black bar). Kelemahan dari cara ini adalah teks yang telah diberi warna hitam bersifat permanen (tidak dapat dikembalikan lagi ke keadaan semula) dan tampilan dokumen terkesan kurang rapi karena adanya blok-blok warna hitam yang cukup mencolok.

Melakukan sensor dengan menghilangkan atau menyembunyikan informasi penting dan sensitif merupakan hal yang perlu dilakukan ketika sebuah dokumen harus dipublikasikan. Kita menyadari bahwa tidak semua orang diperbolehkan untuk mendapatkan informasi yang utuh. Namun demikian publikasi dokumen yang telah melalui proses sensor hendaknya juga terkesan rapi, enak dilihat maupun dibaca. Sebenarnya, Microsoft Office Word memiliki fitur yang juga dapat digunakan untuk menyembunyikan teks dari dokumen sehingga tidak akan kelihatan. Ruang dan spasi yang dipergunakan oleh teks tersebut juga akan dihilangkan seakan-akan teks tersebut memang tidak pernah ada. Teks yang telah disembunyikan menggunakan fitur ini bisa ditampilkan kembali.

Menyembunyikan teks (kata, frase, kalimat atau paragraf).

Buka dokumen Microsoft Word yang sebagian teksnya akan disembunyikan.

Sorot atau blok teks (kata, frase, kalimat atau paragraf) yang ingin disembunyikan. Dalam contoh ini, paragraf kedua akan disembunyikan.

Klik kanan di paragraf yang telah disorot untuk menampilkan menu pintas (shortcut menu) dan kemudian pilih menu Font...

Dari kotak dialok Font yang muncul, pastikan Anda berada di tab Font. Beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Hidden dan kemudian klik tombol OK.

Paragraf kedua yang telah disorot (blok) sebelumnya telah disembunyikan.

Menampilkan kembali teks (kata, frase, kalimat atau paragraf) yang disembunyikan.

Sorot atau blok teks (kata, frase, kalimat atau paragraf) yang terletak antara teks (kata, frase, kalimat atau paragraf) yang telah disembunyikan atau tekan kombinasi tombol keyboard CTRL + A untuk menyorot keseluruhan dokumen.

Klik kanan di dokumen yang telah disorot untuk menampilkan menu pintas (shortcut menu) dan kemudian pilih menu Font...

Anda dapat memperhatikan bahwa kotak centang (check box) berlabel Hidden terisi warna biru, klik dua kali untuk mengosongkan kotak centang (klik sekali akan merubah warna biru menjadi tanda centang, klik sekali lagi akan menghilangkan tanda centang dan mengosongkan kotak centang) dan kemudian klik tombol OK.

Paragraf yang sebelumnya disembunyikan, kini telah ditampilkan kembali.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.