Pin It

Mungkin sebagian dari Anda pernah membuat atau memiliki dokumen Microsoft Office Word yang cukup panjang sampai puluhan dan bahkan ratusan halaman seperti naskah buku, naskah cetita pendek (cerpen) dan lain sebagainya. Melakukan proses perubahan (editing) pada dokumen seperti ini di halaman tertentu mengharuskan Anda untuk menggulir atau menggulung untuk menemukan halaman yang sedang dituju. Cara seperti ini bisa sangat menjemukan apabila posisi halaman berada di tengah-tengah atau mendekati akhir dokumen.

Untuk mengatasi hal seperti ini, Anda dapat memanfaatkan fitur Thumbnail (tampilan layaknya gambar kecil) untuk bisa bernavigasi dengan lebih cepat antar halaman dokumen. Fitur Thumbnail ditampilkan di area tersendiri di sebelah kiri dari dokumen Microsoft Office Word dan menyediakan pratinjau bagaimana tampilan dokumen tersebut apabila dicetak. Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana menggunakan fitur Thumbnail di dokumen Microsoft Office Word 2010.

Buka dokumen Microsoft Office Word dan pastikan Anda berada di tab View.

Di kategori (kelompok) Show, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Navigation Pane.

Area Navigation Pane ditambahkan di sebelah kiri dokumen Microsoft Office Word yang terbuka. Klik tombol Browse the pages in your document dan sekarang Anda dapat menavigasi ke halaman tertentu dari dokumen dengan lebih cepat.