Dalam suatu pekerjaan, Anda mungkin pernah harus membuka beberapa atau banyak dokumen Microsoft Office Word secara terpisah. Cara seperti ini tentunya bisa menggangu apabila layar komputer dipenuhi oleh jendela (window) dokumen yang terbuka, terlebih lagi apabila ada beberapa aplikasi lain yang saat itu juga dijalankan. Anda akan sedikit merasa repot berpindah antar jendela dokumen atau aplikasi yang terbuka untuk mengaktifkannya saat diperlukan. Di sisi lain, Anda juga kesulitan menggabungkan beberapa atau banyak dokumen Microsoft Word apabila masing-masing dokumen berukuran cukup besar. Menggabungkan beberapa atau banyak dokumen Word menjadi satu dokumen dengan cara menyalin dan melekatkan (copy and paste) tentu akan terasa lama dan membosankan. Namun Microsoft Office Word 2010 menyediakan fitur dimana Anda dapat menggabungkan beberapa atau banyak dokumen dengan jauh lebih mudah.

Jalankan aplikasi Microsoft Office Word dan buka dokumen pertama dimana dokumen berikutnya akan digabungkan atau ditambahkan. Tempatkan kursor di akhir dokumen pertama atau di posisi tertentu dimana dokumen berikutnya akan mulai digabungkan.

Apabila Anda ingin menggabungkan dokumen berikutnya di halaman baru dari dokumen pertama, klik tombol Page Break yang ada di tab Insert.

Untuk mulai menggabungkan dokumen berikutnya, pastikan Anda masih berada di tab Insert. Di area sebelah kanan, klik segitiga kecil yang ada di tombol Object dan kemudian klik (pilih) Text from File...

Dari kotak dialog Insert File yang muncul, pilih dokumen Word yang akan digabungkan ke dokumen pertama dan kemudian klik tombol Insert.

Dokumen berikutnya (dokumen kedua) sekarang telah digabungkan ke dokumen pertama. Apabila masih ingin menggabungkan dokumen-dokumen Microsoft Word yang lain, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas.