Banner Microsoft Office Word

Menampilkan Tab DEVELOPER Di Microsoft Office Word

Versi terakhir aplikasi Microsoft Office hadir dengan desain dan tampilan yang semakin baik dan memikat. Dibandingkan dengan aplikasi Microsoft Office versi terdahulu (Microsoft Office 2003), Anda mungkin masih mengingat bagaimana perintah-perintah yang ada disusun dalam bentuk daftar menu drop-down (menu tarik ke bawah). Versi terakhir Microsoft Office sudah meninggalkan penggunaan daftar menu drop-down dan menggantinya dengan bentuk ribbon (pita). Ribbon disusun dari tab-tab dan setiap tab berisi kumpulan perintah-perintah dengan visual ikon (icon) dan atau label.

Ketika Anda menjalankan aplikasi Microsoft Office versi terkini, misalnya Microsoft Office Word 2013, akan terlihat tab-tab berupa label dengan huruf kapital. Namun tidak keseluruhan tab dan daftar perintahnya ditampilkan. Anda masih bisa mengkonfigurasi untuk menambahkan tab yang belum ditampilkan atau menambahkan perintah baru di masing-masing tab. Salah satu tab yang belum ditampilkan saat aplikasi pertama kali dijalankan adalah tab DEVELOPER. Tab ini memang ditujukan untuk pengguna tingkat lanjut karena berisi perintah-perintah terkait dengan penulisan macros, menjalankan macros, penggunaan perintah XML, penggunaan ActiveX controls, pembuatan aplikasi menggunakan program Microsoft Office, penggunaan form controls di Microsoft Excel, bekerja dengan ShapeSheet di Microsoft Visio, pembuatan new shapes dan stencils di Microsoft Visio dan juga penulisan kode Microsoft Visual Basic.

Cara menampilkan tab DEVELOPER di paket aplikasi Microsoft Office 2013 (Office 15) berlaku sama, baik untuk Microsoft Office Word 2013, Microsoft Office Excel 2013, Microsoft Office PowerPoint 2013, Microsoft Office Access 2013, Microsoft Office Visio 2013 dan lainnya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menampilkan tab DEVELOPER di Microsoft Office Word 2013:

Jalankan aplikasi Microsoft Office Word 2013 dan klik File untuk menampilkan daftar opsi yang lain.

Klik Options yang terletak di bagian paling bawah untuk menampilkan kotak dialog Word Options.

Dari jendela Word Options yang muncul, klik tab Customize Ribbon. Di area paling kanan dari kotak dialog Word Options, pastikan Anda memilih Main Tabs di kotak drop-down berlabel Customize the Ribbon, beri tanda centang di kota centang (check box) berlabel Developer dan akhiri dengan menekan tombol OK.

Tab DEVELOPER sekarang telah ditambahkan di ribbon (pita) Microsoft Office Word 2013.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.