Banner Microsoft Office Word

Membuat Hyperlink Di Microsoft Word Yang Mengarah Ke Halaman Sebuah Website

Di paket aplikasi perkantoran Microsoft Office, hyperlink adalah teks (kata atau frase) atau image yang mengarah (menuju) ke sumber lain baik itu halaman website, dokumen yang lain atau bagian tertentu dari dokumen yang sama ketika diklik. Secara standar, hyperlink ditampilkan dengan warna biru dan bergaris bawah untuk teks. Ada dua cara pembuatan hyperlink di paket aplikasi Microsoft Office (word, Excel, PowerPoint dan lain sebagainya) yaitu dengan performatan link secara otomatis dan mengkonversi teks menjadi sebuah link.

Membuat hyperlink dengan cara pemformatan link secara otomatis adalah yang paling mudah. Hal ini dapat dilakukan secara otomatis oleh paket aplikasi Microsoft Office apabila teks yang Anda ketik adalah alamat email dan website (email and web addresses). Anda cukup mengetik alamat email atau website dan paket aplikasi Microsoft Office akan mengenali dan memformat secara otomatis menjadi hyperlink setelah Anda menekan tombol keyboard Enter atau Spacebar.

Pembuatan link dengan cara mengkonversi teks yang ada adalah cara yang paling banyak dilakukan. Di sini hyperlink mempunyai dua bagian utama yaitu alamat website atau direktori dokumen dan teks tampilan. Cara pengkonversian teks menjadi sebuah link mempunyai fleksibilitas karena dapat menentukan dengan bebas teks tampilan yang diinginkan dan alamat halaman website (url) atau direktori dokumen yang ingin dituju. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat hyperlink (link) di aplikasi Microsoft Office Word 2013 yang akan mengarah ke dan membuka halaman dari sebuah website:

Buka dokumen aplikasi Microsoft Ofiice Word dan sorot (block) teks yang akan diformat menjadi hyperlink (dalam contoh ini adalah kata "Netbeans").

Pastikan Anda berada di tab INSERT dan kemudia klik tombol Hyperlink yang ada di kelompok Links.

Dari kotak dialog Insert Hyperlink yang muncul, Anda dapat memperhatikan teks yang disorot sebelumnya menjadi nilai dari kotak teks (field) berlabel Text to display. Untuk membuat teks yang disorot menjadi hyperlink yang menuju ke halaman dari sebuah website (Netbeans), isi kotak teks berlabel Address dengan url yang menuju ke halaman awal (home page) website NetbeansĀ dan kemudian akhiri dengan menekan tombol OK.

Anda sekarang dapat melihat teks "Netbeans" yang disorot sebelumnya telah berubah menjadi hyperlink dengan ditandai warna yang berubah menjadi biru dan bergaris bawah. Anda sekarang dapat membukan halaman website Netbeans dengan menekan tombol keyboard Ctrl (jangan dilepas) dan kemudian mengklik hyperlink tersebut.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.