Mungkin Anda pernah memperhatikan ketika mengetik alamat website atau email, Microsoft Office seperti Microsoft Word akan secara otomati merubahnya menjadi hyperlink yang ditandai dengan warna tulisan biru dan bergaris bawah. Ini adalah salah satu fitur pemformatan otomatis (AutoFormat) yang ada di paket aplikasi Microsoft Office yang secara standar telah diaktifkan. Ketika Anda menekan dan menahan tombol keyboard Ctrl dan mengklik hiperlink tersebut, maka web browser standar (default) dijalankan dengan membuka halaman web sesuai dengan alamat website atau program email standar dijalankan apabila hyperlink adalah alamat dari sebuah email.

Menonaktifkan hyperlink di Microsoft Word

Keuntungan dari alamat website atau email berubah menjadi hyperlink secara otomatis adalah Anda tidak perlu membuka program yang bersesuaian mulai dari awal. Ini tentunya akan menghemat waktu. Namun demikian, sering kali dokumen Microsoft Word disajikan dalam bentuk cetak (hard copy). Dengan warna hyperlink yang berbeda, bergaris bawah dan hasil cetak hyperlink yang mungkin kurang jelas tentunya bukan hal yang diharapkan. Apabila Anda menghadapi kenyataan seperti ini dan ingin menonaktifkan hyperlink, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti di Microsoft Office Word 2013:

Jalankan aplikasi Microsoft Office Word 2013 dan klik File untuk menampilkan daftar opsi yang lain.

Menonaktifkan hyperlink di Microsoft Word

Klik Options yang terletak di bagian paling bawah untuk menampilkan kotak dialog Word Options.

Menonaktifkan hyperlink di Microsoft Word

Dari kotak dialog Word Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab  Proofing dan kemudian klik tombol AutoCorrectOptions...

Menonaktifkan hyperlink di Microsoft Word

Kotak dialog AutoCorrect muncul. Pastikan Anda berada di tab AutoFormat As You Type, hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Internet and network paths with hyperlinks dan tekan tombol OK. Dari sini, Anda kembali ke kotak dialog Word Options. Klik ttombol OK sekali lagi untuk mengakhiri.

Menonaktifkan hyperlink di Microsoft Word

Ketika Anda mengetik alamat website atau email, Microsoft Word tidak lagi merubahnya menjadi hyperlink dan membiarkannya sebagai teks biasa.

Menonaktifkan hyperlink di Microsoft Word